Yamaha Scorpio Z Limited Edition Black-Gold


Tags: ,

Seperti yang telah The Honda Club beritakan sebelumnya, pabrikan motor Yamaha berniat untuk mengakhiri produksi Yamaha Scorpio Z di Indonesia lantaran masuk dalam daftar motor sport Yamaha yang kurang laris di pasaran. Pun demikian, pabrikan berlambang garpu tala tersebut tidak lantas melupakan Scorpio Z begitu saja, melainkan telah menyiapkan Scorpio Z edisi terakhir yang rencananya akan diluncurkan bulan ini.

Baru-baru ini sejumlah foto yang diklaim sebagai wujud dari Scorpio Z edisi terakhir beredar di dunia maya. Foto-foto tersebut berasal dari salah satu thread pecinta Yamaha Scorpio di forum Kaskus yang menamakan diri sebagai KSR (Kaskus Scorpio Rider). Dari sana juga dikatakan bahwa Scorpio Z edisi terakhir bakal mengusung nama “Yamaha Scorpio Z Limited Edition Black-Gold”.

Jika dilihat dari foto-foto tersebut, terlihat desain Scorpio Z Limited Edition Black-Gold tidak banyak memiliki perbedaan dibanding versi regularnya. Hal ini sesuai dengan bocoran dari pihak Yamaha yang sebelumnya memang telah memastikan bahwa sosok Scorpio Z Limited Edition hanya akan mendapat perubahan pada warna dan grafisnya saja, sementara spesifikasinya tetap sama.

Desain Yamaha Scorpio Z Limited Edition Black-Gold terlihat memiliki color tone yang didominasi kelir hitam dan grafis emas (gold) yang bentuknya lebih mengarah ke tribal. Warna emas ini menyentuh beberapa bagian, antara lain pegangan tangan belakang, pelindung knalpot, sokbreker depan, footstep, behel, hingga bagian tengah. Warna hitam paling berbeda bisa dilihat pada mesin, karena pada model sebelumnya mesin Scorpio masih menggunakan warna silver.

Meskipun kabar tentang motor edisi selamat tinggal ini sudah tersebar kemana-mana, namun sampai sekarang masih belum jelas kapan Yamaha Scorpio Z Limited Edition Black-Gold benar-benar akan dilepas oleh Yamaha. Satu hal yang bisa dipastikan, motor ini hanya diproduksi terbatas yakni sebanyak 500 unit saja. Lalu bagaimana nasib spare part ke depannya? Khusus untuk hal tersebut, pihak Yamaha menjamin sparepart Scorpio Z akan tetap tersedia hingga 10 tahun ke depan.

Yamaha Scorpio Z pertama kali dijual di Indonesia pada tahun 2004 silam. Motor yang dibanderol seharga Rp 24 juta ini pernah mengalami masa jaya, sebelum pada akhirnya anjlok drastis secara penjualan di pasar roda dua Tanah Air.

Selain dikarenakan masalah “kurang laku”, dipensiunkannya Scorpio juga tak lain diakibatkan oleh kehadiran model sport anyar 250cc Yamaha (R25) yang kemungkinan besar akan diluncurkan pada semester kedua 2019. Sama seperti RX King dulu, agar motor Yamaha tersebut lebih terasa berbekas di hati para konsumen setianya maka diberikan edisi selamat tinggal atau limited edition sebelum akhirnya benar-benar disuntik mati.