VW Beetle Fender Edition Batal Masuk Indonesia


Tags: ,

Pabrikan mobil asal Jerman -Volkswagen sudah mulai memasarkan VW Beetle Fender Edition di sejumlah negara di Eropa dan Amerika. Kabar yang banyak beredar beberapa waktu yang lalu menyebutkan bahwa salah satu produk andalan VW ini juga akan masuk ke pasar otomotif tanah air.

Namun ternyata kabar ini disanggah oleh PT Garuda Mataram Motor selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) VW di Indonesia yang menyatakan bahwa pihaknya tidak dapat menghadirkan VW Beetle Fender Edition di Indonesia lantaran terbentur oleh standarisasi bahan bakar yang digunakan oleh model keluaran VW tersebut.

Saat ini VW Beetle Fender Edition baru hadir di negara yang sudah menganut standar bahan bakar Euro5 seperti di Eropa dan Amerika. Sementara di Indonesia sendiri saat ini masih setia menganut standar Euro2 yang artinya menunjukkan bahwa kualitas bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia masih tergolong rendah.

Entah kapan pemerintah Indonesia akan menaikkan level BBM yang saat ini tengah beredar luas ke para pengguna kendaraan di tanah air, karena untuk menerapkan regulasi seperti itu tentunya juga butuh pertimbangan yang sangat banyak. Namun untuk mengantisipasi agar tidak mengecewakan konsumennya di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor menyatakan bahwa pihaknya akan tetap mengusahakan agar VW Beetle Fender Edition tetap bisa masuk ke Indonesia.

Bukannya tidak mungkin, karena hal ini rupanya juga sudah dipikirkan oleh Volkswagen yang dikabarkan akan memproduksi VW Beetle Fender Edition dengan standar Euro2 kelak. Mobil-mobil special edition tersebut memang khusus diperuntukkan bagi beberapa negara yang masih menggunakan standar Euro2 seperti Indonesia dan Brasil. Artinya jika tiba waktunya kelak, PT Garuda Mataram Motor tetap akan meluncurkan VW Beetle Fender Edition model terbaru, hanya saja model yang beredar di Indonesia kelak masih tertinggal satu langkah dibanding negara-negara maju lainnya yang sudah menerapkan standar Euro5 untuk bahan bakarnya. Jadi bagi anda para penggemar Volkswagen Beetle di Indonesia harap bersabar dulu ya.

New Beetle atau VW Beetle Fender Edition memang memiliki desain yang unik sehingga membuatnya makin diincar oleh para pecinta VW di seluruh dunia. Mobil ini hadir dengan dua pilihan kapasitas mesin yakni mesin berkapasitas 2.5 liter dan mesin berkapasitas 2.0 liter.

VW Beetle Fender Edition hanya memiliki dua varian warna yakni Black Uni dan Deep Black Pearl Effect. Sementara untuk harganya, khusus VW Beetle Fender Edition dengan mesin berkapasitas 2.5 liter dibanderol seharga US$26.030, sementara VW Beetle Fender Edition dengan mesin 2.0 liter dijual dengan harga US$28.925.