Vespa 946 Edisi Natal


Tags: ,

espa 946 adalah skuter yang spesial. Bisa dibilang demikian lantaran skuter yang berdesain klasik namun telah dibekali dengan berbagai fitur modern itu hanya diproduksi terbatas dan hanya tersedia dalam 2 warna, yaitu hitam dan putih. Jika Vespa 946 itu saja sudah masuk dalam kategori spesial, lalu apa jadinya jika kemudian Piaggio kembali mengeluarkan Vespa 946 edisi “lebih spesial” ?

Yup, khusus untuk menyambut perayaan natal tahun ini, Piaggio rupanya sudah menyiapkan kejutan tersendiri. Dengan mengambil tempat di ruang pamer dealer Piaggio di Milan, Italia, pabrikan yang mendedikasikan diri untuk memproduksi skuter itu memperkenalkan Vespa 946 edisi spesial natal yang bahkan karena saking spesialnya hanya diproduksi satu unit saja !

Sesuai dengan tema-nya, Vespa 946 edisi spesial natal ini dibuat dengan kelir warna merah layaknya suasana Natal. Grafis butiran salju berwarna putih terlihat menghiasi bagian “pantat” kanan-kiri yang membuat skuter ini terlihat cantik. Kemudian di tameng depan bagian kirinya juga terdapat grafis butiran salju yang di tengah-tengahnya disematkan tulisan “FOR CHILDREN“.

Tulisan “FOR CHILDREN” yang disematkan di tameng depan Vespa 946 edisi spesial natal itu bukannya tanpa alasan. Piaggio memang sengaja membuat skuter ini untuk dilelang dan hasil dari pelelangan tersebut nantinya akan disumbangkan untuk anak-anak yang butuh bantuan di negara-negara berkembang. Untuk informasi, sebagai bentuk kepedulian Piaggio terhadap anak-anak di seluruh dunia dan sekaligus sebagai kegiatan corporate social responsibility (CSR), pabrikan skuter asal Italia tersebut menggagas sebuah program sosial yang bertajuk “Vespa for Children”. Inisiatif pertama dari program ini sudah membuahkan hasil dengan melakukan kegiatan sosial di Vietnam pada bulan April lalu. Waktu itu Piaggio Vietnam memberikan sejumlah bantuan yang diperuntukkan bagi rumah sakit anak-anak Bambino Gesu dan National Hospital for Pediatrics di Hanoi.

Selain perbedaan dari segi warna dan grafis di atas, tidak ada lagi hal lainnya yang membedakan antara Vespa 946 reguler dengan Vespa 946 edisi natal. Termasuk mesinnya masih mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc 3 klep berpendingin udara, yang sanggup menyemburkan tenaga hingga 11,4 dk/8.250 rpm dan torsi 10,7 Nm/6.500 rpm. Namun mengingat model ini hanya ada satu di seluruh dunia, maka sudah bisa dipastikan harga Vespa 946 edisi natal ini bakal sangat mahal melebihi harga Vespa 946 reguler yang juga sudah cukup mahal.

Vespa 946 adalah sebuah skuter eksklusif yang memadukan gaya lawas dan masa depan menjadi satu. Jika di Italia harganya sekitar Rp 90 jutaan, di Indonesia dijual Rp 246 juta on the road Jakarta. Piaggio menyebut model ini sebagai varian “fashion collection” dengan gaya khusus, dan produksinya akan berbeda tiap tahun.

Khusus untuk Vespa 946 edisi 2016, desain skuter ini disebut sebagai koleksi Ricordo Italiano. Pengerjaannya dilakukan manual, satu demi satu dengan tingkat ketelitian tinggi. Mulai dari menjahit jok, memasang kerangka dan bodi, hingga menempelkan aksesori. Karena dirancang sangat ekslusif, karena itulah Vespa 946 tidak banyak diproduksi. Belum diketahui, berapa unit yang sudah meluncur dari pabrik di Italia. Namun Indonesia sendiri hanya mendapat jatah 51 unit saja dan tidak akan ditambah.