Tips Perawatan Motor Honda CBR 250 RR


Keunggulan yang dimiliki Honda CBR 250 RR terbilang cukup sukses menyita perhatian para pecinta motor sport. Motor hasil rakitan anak negeri ini memiliki desain sporty yang terlihat garang dan tangguh. Selain desainnya yang menarik, performa mesin yang canggih menjadi daya pikat tersendiri. Namun dibalik kegagahannya, motor sport ini perlu rajin melakukan perawatan berkala sesuai anjuran pabrik. Anda dapat menghubungi Nambo Motor untuk perawatan berkala dan pembelian motor dengan performa canggih ini. Akan ada cashback 8 juta di Nambo Motor.

Dalam perawatan motor berkapasitas mesin 250 cc ini harus mengikuti panduan servis berkala . Dalam pembelian setiap unit, Honda bakal menjamin garansi tetap berlaku dan bisa diklaim jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan teknis. Lantas perawatan seperti apa yang dilakukan untuk jenis motor super canggih ini, berikut ulasannya.

Servis pertama (1.000 km)

Berdasarkan buku manual panduan servis Honda, interval servis pertama dilakukan pada odometer 1.000 km atau ketika Honda CBR 250 RR telah dipakai satu bulan. Umumnya servis pertama belum begitu banyak perawatan. Biasanya perawatan dilakukan dengan mengganti oli dan filter oli. Penggantian oli ini bertujuan untuk membuang sisa kotoran dalam mesin saat proses perakitan motor. Takaran yang dianjurkan kisaran 1,9 liter untuk penggantian rutin dan 2,2 liter jika sekalian ganti filter oli. Untuk jenis olinya sebaiknya menggunakan SPX-1 fully synthetic, dengan menggunakan 2 botol oli.

Untuk filter olin memang harganya lumayan mahal karena masih impor dengan menggunakan tipe tabung, mirip seperti punya mobil.

Servis kedua (6.000 km)

Dalam servis kedua yang dilakukan ketika masuk di 6000 km atau 6 bulan pemakaian tidak perlu melakukan penggantian banyak part. Pada perawatan di 6.000 km biasanya hanya melakukan pemeriksaan minyak rem, kampas rem, sistem kopling dan rantai.

Servis setelah pemakaian 12.000 km

Pada service di 12.000 km atau usai pakai 12 bulan, akan banyak pengecekan komponen pada Honda CBR 250 RR. Dilakukan pengecekan mulai dari keausan kampas rem, periksa switch lampu rem, periksa arah sinar lampu depan, periksa standar samping, periksa suspensi, periksa roda atau ban, periksa cairan pendingin radiator, periksa sistem pendingin dan sekalian ganti oli.

Servis setelah pemakaian 3 tahun

Selain service rutin seperti cek kaki-kaki dan radiator serta penggantian oli mesin, pada tahun ketiga, bagian motor yang wajib dicek adalah radiator mesin. Karena akan berdampak pada kenyamanan berkendara. Biasanya itu terjadi karena  banyak pengguna yang mengeluhkan panas berlebih, saat berkendara dengan Honda CBR 250 RR saat macet-macetan. Hal ini akan berdampak pada radiator mesin jadi kotor dan akan mengganggu kinerjanya, maka sebaiknya langsung dibersihkan.

Selain radiator mesin, sistem filter angin di motor sport ini juga musti diperhatikan. Karena kalau kotor bisa membuat sensor tidak berfungsi dan pendinginan mesin jadi bermasalah.ketika melakukan perawatan system filter angin, jangan lupa melakukan melakukan pengecekan atau sekalian menguras air radiator, jika takarannya berkurang.

Ruang bakar mesin pun tak boleh luput dari perhatian, karena jika lalai, akan berdampak membuat motor mati mendadak hal ini bisa terjadi karena gejala kompresi bocor,

Biasanya kebocoran pada kompresi itu diakibatkan oleh jarak klep yang terlalu rapat atau ring piston aus. Jika motor Anda pernah mati atau mogok secara mendadak sebaiknya lakukan pengecekan pada area ruang bakar.

Meski motor yang Anda gunakan tak bermasalah, sebaiknya tetap lakukan pengecekan secara berkala pada bengkel resmi Honda. Agar motor tetap dalam kondisi mesin yang prima dan tetap nyaman ketika digunakan berkendara.