Tips Mencuci Mobil saat WFH agar Awet Bersih Bebas Kusam


Tags:

Kala Pandemi seperti saat ini tentu lebih mengutamakan kebersihan dalam segala aspek. Bagaimana tidak, penularan virus Corona tambah hari semakin tidak terkontrol. Tidak hanya dari sisi manusia, untuk aspek barang dan jasa seperti kendaraan pun perlu ditingkatkan kembali. Berbicara mengenai kebersihan kendaraan, berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai tips mencuci mobil saat WFH agar tetap bersih setiap saat.

 

  1. Menggunakan Shampo Khusus

Yang pertama ialah Anda perlu menyiapkan shampo khusus untuk bekal pembersihan mobil. Shampo khusus ini dapat ditemukan di beberapa toko atau tempat terdekat di daerah Anda. Jika Anda kebingungan dan sulit untuk mencari keberadaannya di kala Pandemi, Anda dapat membelinya di marketplace tertentu. Tak perlu ragu pula untuk berkonsultasi perihal shampo khusus yang cocok untuk tipe mobil Anda.

Shampo khusus yang dimaksud dalam pembahasan ini, ialah yang tidak sembarangan untuk membersihkan kendaraan. Dalam arti lain, Anda perlu untuk memaksimalkan penggunaan shampo khusus saat pembersihan mobil. Ketika Anda menggunakan pembersih yang tidak terjamin kualitasnya, maka hal tersebut akan berdampak buruk untuk kualitas mobil kedepannya.

Maka dari itu dari hal yang paling dasar dan sederhana, Anda dapat menggunakan shampo khusus pilihan beberapa ahli dalam pembersihan kendaraan mobil. Sehingga ketika nantinya terdapat pembersihan berkala, Anda tak perlu panik apabila terjadi hal-hal yang kurang berkenan. Shampo khusus yang diberikan pun umumnya telah disesuaikan dengan tipe kendaraan mobil yang Anda miliki.

 

  1. Tidak Mencuci di Bawah Terik Matahari

Mengapa tips mencuci mobil saat WFH pada tahap kedua tidak diperbolehkan untuk dilaksanakan langsung di bawah terik matahari? Sebab pada dasarnya, terik matahari akan mendominasi beberapa elemen kaca yang sedang dibersihkan. Tak lupa bahwa Anda mencuci langsung menggunakan air mengalir. Maka jika dilaksanakan secara berkala tanpa pantauan, akan merusak beberapa bagian tubuh mobil tersebut.

Kerusakan yang terjadi pun tidak berlangsung dalam hitungan hari. Namun dapat mengikis kualitas mobil secara berkala dengan efek jangka panjang kedepannya. Anda mungkin tidak dapat melihat kekurangan yang fatal ketika mobil tersebut dibersihkan dengan cara yang salah. Namun hasil dari adanya kebiasaan buruk tersebut dapat dilihat ketika sudah berjalan dalam jangka waktu yang panjang.

 

  1. Usap Berurutan dari Atas ke Bawah

Selanjutnya pada langkah yang ketiga yakni mengusap serta membersihkan pencucian mobil dari atas ke bawah. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan menghindari kerusakan pada baret kaca yang berdampak fatal apabila tidak diperhatikan. Anda dapat membersihkan dengan lap atau kain lembut. Benda ini juga disarankan sebagai salah satu pencegahan guna mengurangi resiko rusak pada kaca mobil.

Apabila anda tidak mempunyai lap atau kain lembut yang digunakan sebagai salah satu saran pembersih mobil. Anda dapat membelinya di toko atau tempat pembersih kendaraan terdekat di kota yang tersedia. Jika pembelian kurang bisa dilaksanakan saat pandemi, Anda dapat berbelanja di marketplace terpercaya. Sehingga Anda pun dapat melaksanakan konsultasi perihal kebutuhan pembersihan kendaraaan.

 

  1. Membilas Badan Mobil dengan Air Mengalir

Mengapa pencucian mobil harus menggunakan air yang mengalir? Air mengalir diklaim dapat memperlancar aliran pembersihan serta meminimalisir timbulnya kotoran baru. Pada satu contoh kasus ketika Anda membersihkan dengan cara menyiram menggunakan air dari baskom yang ditampung. Bisa jadi pada baskom tersebut telah tersarang kotoran, bakteri, atau virus yang sudah tertimbun sejak lama.

Pembilasan menggunakan air mengalir penting untuk dilaksanakan pada tips mencuci mobil saat WFH guna meminimalisir virus. Sebab, air merupakan elemen penting dalam pembersihan yang baik dan benar. Dan dengan adanya air pun dapat digunakan untuk menghindarkan adanya perkembangan virus dan mematikan berbagai kecenderungan terjadinya kotoran baru.

 

  1. Mengeringkan dengan Metode Khusus

Yang terakhir pada tips mencuci mobil saat WFH ialah pengeringan dengan metode khusus. Dalam hal ini, Anda tak dapat mengeringkan secara langsung dibawah terik matahari. Namun, Anda perlu mengeringkan secara berkala di angin yang terhembus sepoi-sepoi. Cukup sediakan angin yang alami tanpa harus memanaskan secara ekstrim di bawah terik matahari.