Teknologi Mobil Audi Tanpa Sopir


Tags: ,

Pabrikan mobil Audi sepertinya tidak main-main dalam mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir. Berbeda dari Google yang mobil tanpa sopirnya masih dibatasi dalam hal kecepatan, khusus untuk mobil tanpa sopir milik Audi justru dibikin sanggup melaju dengan kecepatan tinggi.

Mobil tanpa sopir besutan Audi tersebut merupakan prototype berkode RS 7. Nama mobil yang menggunakan mesin 4.0-liter twin-turbo V8 itu terbilang unik karena mirip nama manusia yakni ‘Robby’. Mobil ini sejatinya merupakan versi penyempurnaan dari generasi prototype RS 7 sebelumnya yang diberi julukan ‘Bobby’.

Baru-baru ini mobil tanpa sopir berjuluk ‘Robby’ itu menjalani uji coba di Sonoma Raceway yang terletak di California. Dari hasil pengetesan tersebut diketahui bahwa mobil yang ditargetkan mampu menjadi kendaraan masa depan ini bisa melaju dalam kecepatan tinggi, bahkan lebih cepat dari mobil sport yang masih dikendarai oleh manusia.

Teknisi yang berada dibalik pengembangan mobil tanpa sopir Audi ini mengatakan bahwa bobot ‘Robby’ jauh lebih ringan hingga 400 kg dari model sebelumnya, ‘Bobby’. Dengan adanya pemangkasan bobot, alhasil ‘Robby’ diklaim memiliki tenaga yang lebih kencang dari kakaknya tersebut. Sebagai gambaran, ‘Bobby’ pernah diuji di sirkuit Hockenheim – Jerman dan didapat hasil bahwa mobil prototype RS 7 itu bisa melaju secara mandiri hingga mencetak angka kecepatan sekitar 149 mil / jam !

Rencananya, teknologi mobil tanpa sopir yang dibenamkan pada ‘Robby’ itu akan segera diaplikasikan pada generasi terbaru Audi A8. Hanya saja konsumen tidak akan mendapat teknologi yang benar-benar full membuat mobilnya jadi otonom (berdiri sendiri), melainkan hanya mendapat sebagian dari teknologi yang sudah ada.

 

Salah satu alasan kenapa Audi A8 yang rencananya bakal dirilis pada tahun 2021 itu tidak mendapat full teknologi lantaran masih perlunya pengembangan mendalam untuk membuat teknologi mobil tanpa sopir buatan Audi jadi lebih sempurna.

Adapun teknologi mobil tanpa sopir yang akan dibenamkan pada Audi A8 itu diberi nama ‘Teknologi Piloted Driving‘. Masih belum ada rincian informasi terkait teknologi Audi yang satu itu, namun kabarnya Teknologi Piloted Driving ini pada dasarnya memiliki kecerdasan untuk mengontrol kendaraan dalam situasi tertentu. Jika diurai lebih dalam, situasi tertentu yang dimaksud disini terdiri dari : ‘ketika menghadapi kemacetan‘ dan ‘ketika ingin memarkir mobil‘.

Teknologi Audi Untuk Hadapi Macet
Ini merupakan bagian dari teknologi mobil tanpa sopir Audi yang diberi nama : ‘Traffic Jam Pilot‘. Dengan adanya teknologi ini, mobil bisa bergerak sendiri saat berada di tengah-tengah kemacetan jalan raya. Jadi sang pemilik mobil tak perlu lagi repot-repot mengendalikan setir, karena mobil akan berjalan dan melakukan pengereman sendiri pada kecepatan 37 mil per jam.

Teknologi Audi Untuk Parkir
Teknologi Audi yang diberi nama ‘Parking Pilot‘ ini juga bagian dari sistem cerdas milik mobil tanpa sopir Audi yang kelak akan ditanamkan pada Audi A8. Tujuannya jelas yakni untuk memudahkan pemiliknya lantaran mobil bisa parkir sendiri dengan menggunakan remote control atau aplikasi smartphone. Ini bukan teknologi yang asing, karena pabrikan mobil mewah lainnya seperti Mercedes-Benz dan BMW juga sudah lama mengembangan teknologi serupa.

Kunci dari teknologi mobil tanpa sopir Audi di atas adalah menggunakan komponen penting yang terdiri dari kamera, sensor dan laser yang ditaruh di beberapa sisi mobil untuk membantu sistem membuat prediksi dan keputusan.

Mengingat harga komponen yang menyertainya terbilang cukup mahal, maka bisa dipastikan harga Audi A8 yang sudah mengusung sebagian teknologi mobil tanpa sopir Audi itu juga akan ikut-ikutan mahal.

Ini bukan hal yang sepele, karena untuk bisa melaju dalam kecepatan tinggi umumnya dibutuhkan skill yang cukup dari orang yang mengendarai mobil. Sementara dalam kasus ini, Audi bisa melakukannya hanya dengan mengandalkan teknologi yang secara cerdas membuat mobil berpikir sendiri untuk menyelesaikan seluruh rute di lintasan sirkuit.