Tampang Yamaha R25 Versi Produksi


Tags: ,

Pabrikan motor Yamaha telah memastikan bahwa tahun ini pihaknya akan memproduksi motor sport terbaru Yamaha yakni R25 Concept secara massal. Sebelumnya, motor ini telah sempat mejeng di ajang Tokyo Motor Show (TMS), hanya saja kala itu masih dalam balutan desain sebagai motor prototipe.

Baru-baru ini sebuah majalah sport “Young Machine” mencoba untuk menduga-duga bagaimana tampilan Yamaha R25 Concept jika diproduksi sebagai motor jalanan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Young Machine merilis sebuah foto rekaan yang bahkan digunakan sebagai foto sampul headline utama majalah tersebut. Meskipun hingga saat ini Yamaha sendiri masih tutup mulut dengan motor sport terbarunya tersebut. Namun setidaknya dengan foto hasil rekaan majalah Young Machine ini maka bisa memberikan gambaran versi jalanan R15 yang kehadirannya telah ditunggu-tunggu oleh banyak pecinta motor sport di Tanah Air.

Jika dilihat sekilas, sepertinya Young Machine tidak banyak memberi sentuhan ekstrim terhadap Yamaha R25 hasil rekaannya. Tentu saja hal ini mungkin disesuaikan dengan pernyataan dari Yutaka Terada selaku Marketing Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebelumnya yang mengatakan bahwa Yamaha R25 versi produksi massal tidak akan memiliki banyak perubahan dengan yang pernah ditampilkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) pada bulan November lalu. Kalaupun ada yang beda, kemungkinannya adalah single seater dan knalpot. Tapi secara keseluruhan desainnya tidak banyak berubah.

Desain buatan Young Machine tersebut memperlihatkan sosok Yamaha R25 yang telah diengkapi dengan head lamp kembar, lampu sein di fairing bagian samping, spion yang menjulang dan juga spatbor belakang. Yang menarik, selain dipasangi full fairing yang dibalut dengan warna kombinasi merah, putih dan hitam, windscreen R25 juga dibuat menjadi lebih panjang dan meruncing.
Sama halnya versi prototipe, Young Machine memprediksi R25 akan mengadopsi jok model split dan menggunakan knalpot panjang, bukan model pendek seperti Yamaha YZF-R6. Pun demikian, desain knalpotnya yang berwarna hitam justru terlihat seperti YZF-R15 yang sudah lebih dulu dipasarkan di India.

Untuk informasi, Yamaha R25 memiliki dimensi panjang sebesar 2.000 mm dengan lebar 720 mm, dan tinggi 1.140 mm. Motor sport Yamaha yang akan bersaing dengan Honda CBR250R dan Kawasaki Ninja 250 ini akan dibekali mesin berkapasitas 249cc, 2 silinder segaris, 4 tak, perbendingin cairan dan sudah mengaplikasi sistem injeksi. Tenaga besar yang dihasilkan jantung pacunya ditransfer ke roda melalui transmisi 6 percepatan.