Subaru Berencana Bikin Mobil Murah


Tags: ,

Saat ini produsen mobil asal Jepang, Subaru tengah dihadapkan pada kondisi makan buah simalakama. Sebagai pencetak mobil-mobil premium yang biasanya dibanderol dengan harga mahal, Subaru tak bisa menampik fakta bahwa ei 2021 ini arus pasar tengah berpihak pada mobil-mobil dengan harga murah.

Subaru memang sudah berkali-kali mengatakan bahwa mereka tidak tertarik dengan pasar mobil murah. Namun Presiden Subaru, Yasuyuki Yoshinaga mengungkapkan bahwa saat ini debat panas tengah terjadi di kubu Subaru karena ada beberapa orang dalam di perusahaan yang menginginkan Subaru membuat mobil yang lebih merakyat dengan harga lebih murah.

Sementara di lain pihak, beberapa orang di dalam perusahaan masih menganggap bahwa Subaru tidak perlu memproduksi mobil murah. Hal ini dikarenakan sedari awal visi yang dibawa oleh Subaru hanya ingin memproduksi mobil yang sedikit mahal karena memang bukan ditujukan untuk berkompetisi. Dari dulu Subaru tidak pernah terlalu ngotot mengejar angka (volume) penjualan karena mobil yang mereka jual juga tidak bisa dikatakan sebagai mobil biasa.

Keadaan cukup panas yang menimpa Subaru ini tak lain karena dipicu oleh rencana mereka yang ingin masuk pasar India. Seperti yang kita ketahui selama ini, India merupakan salah satu negara berkembang yang tidak mudah untuk dijejali dengan mobil-mobil mewah. Kebanyakan konsumen di negeri Hindustan tersebut memang terkenal suka pilih-pilih dalam membeli mobil mewah.

Pihak Subaru kabarnya akan berdiskusi untuk mengatasi hal tersebut. Jika benar Subaru nantinya menjual mobil murah, itu artinya perusahaan akan mengalami perubahan besar karena mulai ikut-ikutan bermain di segmen produk mainstream. Para penggemar mobil-mobil keren juga bisa berbahagia karena dengan begitu maka mobil Subaru murah nantinya tidak hanya sekedar khayalan belaka, melainkan bisa benar-benar menjadi kenyataan.