Spesifikasi dan Harga Yamaha Soul GT


Tags: ,

Yamaha Soul GT terbaru saat ini merupakan varian yang resmi diluncurkan di Indonesia pada tanggal 3 Maret 2019, dengan mengusung nama lengkap All New Soul GT 125. Lewat semangat tagline ‘Maju dan Menggebrak’, Yamaha Indonesia seolah ingin menegaskan bahwa spesifikasi Yamaha Soul GT 2019 merupakan yang paling maju dan siap menggebrak hati para konsumennya.

Jika dibandingkan dengan generasinya yang terdahulu, terdapat banyak perbedaan mulai dari tampilan yang dibuat dengan wajah baru, tambahan fitur berteknologi terkini, hingga spesifikasi Yamaha Soul GT terbaru yang mendapat upgrade sehingga menjanjikan performa yang lebih baik. Tak bisa dipungkiri jika sejumlah pembaharuan tersebut akhirnya turut berdampak pada harga Yamaha Soul GT 2019 yang juga naik beberapa ratus ribu dari harga Yamaha Soul GT lawas.

Yamaha Soul GT 125 terbaru juga menjadi produk ketiga dari Yamaha Indonesia yang telah menggunakan konsep teknologi baru Blue Core. Melanjutkan dua motor sebelumnya yang sudah lebih dulu hadir yaitu Yamaha Mio M3 dan Yamaha NMAX. Atas dasar itulah belakangan ini banyak pihak yang menyebut motor baru Yamaha itu dengan sebutan Yamaha Soul GT 125 Blue Core. Yang sekaligus memberi indikasi bahwa Yamaha Indonesia kian serius dengan rencananya untuk merombak seluruh produk agar memenuhi standar global baru lewat teknologi Blue Core.

Pabrikan Yamaha Indonesia punya target ambisius untuk motor matiknya yang satu ini. Dengan harapan bisa merebut pasar skutik dari tangan Honda, pabrikan berlambang garpu tala itu menargetkan Yamaha Soul GT 2019 bisa terjual hingga lebih dari 200.000 unit di tiap bulannya.

TAMPILAN YAMAHA SOUL GT 125
Setelah mengulas tentang sejarah dan perkembangannya di Indonesia, berikutnya dalam artikel berjudul ‘spesifikasi dan harga Yamaha Soul GT 125‘ ini turut pula kami lengkapi dengan uraian singkat mengenai review tampilan Yamaha Soul GT 125 :

Desain Yamaha Soul GT 125
Jika dinilai menurut tampilan desainnya, Yamaha Soul GT 125 tampak menunjung tinggi nilai-nilai yang memberi kesan gagah dan dewasa. Dilihat dari depan, motor Yamaha Soul GT 125 menggunakan lampu utama jenis single lamp yang sudah menggunakan teknologi canggih LED (Light Emitting Diode). Desain lampu sein-nya dibikin terpisah dari lampu utama dengan cara dipasang pada bagian panel depan, yang mana bentuk serupa juga bisa kita temukan pada Yamaha NMAX. Di sektor buritan, desainnya lampunya tampak menarik karena mengadopsi gaya milik mobil sport, dengan behel model terpisah dan emblem 3D yang tersemat di sisi kiri dan kanannya.

Jika dibandingkan dengan Yamaha Soul GT lawas, konsep desain yang digunakan sepertinya masih sama yakni bergaya ala tokoh robot dalam film Transformer. Hanya saja pada Yamaha Soul GT 125 bentuk bodi tampaknya sedikit lebih gambot. Tapi bila dibandingkan dengan motor kompetitor seperti Honda Vario 125 eSP, dengan dimensi panjang : 1870 mm, lebar : 685 mm, dan tinggi : 1070 mm, maka bisa diketahui bahwa ukuran Yamaha Soul GT 125 tidak terlalu besar dan sedikit lebih pendek. Artinya motor matik Yamaha yang satu ini punya keunggulan lebih untuk dibawa sebagai kendaraan perkotaan karena bodi yang pendek membuatnya jadi lebih lincah untuk dipakai bermanuver di jalanan padat.

Melirik ke sektor kaki-kaki, Yamaha Indonesia berusaha untuk menghilangkan image Yamaha Soul GT yang selama ini identik dengan ban mungil. Dan trik yang digunakan adalah dengan memasang ban yang punya dimensi lebih besar sehingga tak hanya mendongkrak penampilan jadi terlihat lebih kekar saja namun juga sekaligus memberi dampak positif terhadap kestabilan motor kala dikendarai.

Secara keseluruhan, desain Yamaha Soul GT 125 tampak tidak memberi kesan ‘rame’ apalagi mencolok. Hal ini terlihat dari gaya striping dan permainan warna yang simple sehingga memberi kesan elegan. Lalu dengan tambahan lekuk dan permainan garis yang tegas maka motor Soul GT 2015 jadi terlihat cukup sangar dan menonjolkan kesan ‘laki’ yang kental.

Warna Yamaha Soul GT 125
Jika Anda termasuk tipe orang yang suka memilih motor berdasarkan warna tertentu, tak perlu khawatir karena motor matik Yamaha yang satu ini tersedia dalam beragam pilihan warna. Adapun pilihan warna Yamaha Soul GT 125 yang kami maksud disini antara lain :

Challenger gunmetal (abu-abu)
Victory red (merah)
Bravery black (hitam)
Explorer white (putih)
Perlu kami ingatkan bahwa spesifikasi dan harga motor Yamaha Soul GT 125 yang terbagi menjadi 4 warna di atas pada dasarnya adalah sama alias tidak memiliki perbedaan sama sekali. Dengan begitu Anda bisa memilih sesuka hati ketika berniat untuk membawa pulang All New Soul GT 125 ke rumah masing-masing.

SPESIFIKASI YAMAHA SOUL GT 125
Setelah membaca uraian di atas, apakah Anda sudah mulai mengenali sosok Yamaha Soul GT 125 lebih dekat ? Jika iya, berikutnya mari kita korek jeroan mesin yang dipasangkan pada motor matik Yamaha tersebut. Bisa dikatakan spesifikasi Yamaha Soul GT 125 merupakan inti pertama dari artikel yang mengambil tema tentang spesifikasi dan harga Yamaha Soul GT 125 ini. Jadi pastikan untuk memberi perhatian yang lebih untuk uraian di bawah ini ya :

Fitur Yamaha Soul GT 125
Fitur Yamaha Soul GT terbaru yang diluncurkan pada tahun 2020 ini telah mendapat upgrade untuk membuatnya jadi lebih istimewa ketimbang Yamaha Soul GT generasi terdahulu. Tentu saja hal ini sedikit banyak memberi pengaruh terhadap harga Yamaha Soul GT 125 yang jadi sedikit lebih mahal, namun bisa dimaklumi karena toh kehadiran fitur baru pada dasarnya ditujukan demi kebaikan para konsumen juga.

Untuk mengetahui apa saja fitur Yamaha Soul GT 2020 yang menjadi andalan untuk memikat konsumen Tanah Air, berikut ini kamu sebutkan beberapa diantaranya :

Lampu LED

Fitur andalan pertama dari spesifikasi Yamaha Soul GT 125 adalah lampu utamanya yang sudah mengadopsi teknologi canggih LED (Light Emitting Diode). Alhasil dengan adanya fitur ini maka pencahayaan yang dihasilkan jadi lebih terang dan secara fungsi juga lebih awet alias tahan lama.

Indikator ECO Mode

Fitur berikutnya yang jadi salah satu pendukung kelebihan Yamaha Soul GT 125 adalah indikator ECO Mode. Fitur ini terletak pada instrument panel bergaya 3D yang dimiliki Yamaha Soul GT 125, yang mana fungsinya adalah untuk memudahkan pengendara agar bisa mencapai sebuah aktivitas berkendara yang irit bahan bakar.

Bagasi Helm Half Face

Fitur selanjutnya yang menjadi bagian dari spesifikasi Yamaha Soul GT terbaru adalah sebuah bagasi yang bisa dipakai untuk menyimpan barang selama berkendara. Kemampuan bagasi Yamaha Soul GT ini salah satunya adalah bisa digunakan untuk menyimpan sebuah helm half face karena memiliki kapasitas yang cukup besar yakni 14 liter.

Meskipun bagasinya terbilang cukup besar, namun pihak Yamaha Indonesia mengatakan bahwa keberadaan fitur penyimpanan ini tidak mengganggu posisi berkendara sehingga kaum wanita sekalipun masih tetap bisa mengendarainya dengan nyaman dan mudah.

Fitur Keselamatan

Untuk menjamin keselamatan pengendara, fitur keselamtan berupa smart lock system dan smart stand switch telah dipasang sebagai bagian dari spesifikasi Yamaha Soul GT 125. Dua fitur tersebut belakangan memang seolah sudah jadi standar bagi kebanyakan motor matik yang beredar di pasaran. Dimana fitur smart lock system berfungsi sebagai pengunci rem sehingga motor tidak akan menggelondor jika pengendara harus berhenti di tengah jalan tanjakan. Sementara fitur smart stand switch lebih ditujukan untuk menjamin keselamatan pengendara dengan cara membuat mesin motor tidak bisa dihidupkan jika standar samping belum dilipat. Dengan begitu maka tidak akan ada lagi yang namanya lalai atau lupa melipat standar samping motor kala berkendara yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Spesifikasi Mesin Yamaha Soul GT 125

Spesifikasi Yamaha Soul GT 125 terbaru mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc silinder tunggal, 4-tak, SOHC, memiliki pendingin udara dan dikawinkan dengan transimisi otomatis V-belt. Sebenarnya mesin yang dipakai pada spesifikasi Soul GT 125 ini sama dengan milik saudaranya yakni Yamaha Mio M3 125 yang diluncurkan pada akhir tahun 2014 kemarin. Perbedaan yang terjadi antara spesifikasi All New Yamaha Soul GT dan spesifikasi Yamaha Mio M3 125 hanya terdapat pada per CVT dan setup roller-nya saja, dimana pada Soul GT 125 adalah 10 gram, sedangkan pada Mio M3 125 adalah 12 gram.

Selain naik kelas dari yang tadinya hanya 113cc menjadi 125cc, faktor lain yang membuat spesifikasi Yamaha Soul GT terbaru jadi lebih istimewa dibanding spesifikasi Yamaha Soul GT lawas adalah berkat kehadiran teknologi Blue Core, sebuah konsep teknologi baru milik Yamaha yang dalam waktu dekat akan menjadi standar bagi seluruh motor baru Yamaha. Teknologi Blue Core ini memiliki banyak kelebihan, yang diantaranya yaitu membuat pembakaran jadi lebih optimal, membuat proses pendinginan jadi lebih maksimal dan minim gesekan.

Performa Yamaha Soul GT 125

Adanya perbedaan spesifikasi Yamaha Soul GT 2020 dan spesifikasi Yamaha Soul GT lawas secara otomatis memberi pengaruh pula terhadap performa Yamaha Soul GT yang ada saat ini. Salah satunya adalah akselerasi yang jadi lebih cepat dan konsumsi BBM yang jadi lebih irit.

Daya maksimum yang bisa diraih berkat spesifikasi mesin Yamaha Soul GT 125 adalah 9,3 hp (7 kW) pada putaran 8.000 rpm, dan torsi maksimum mencapai 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Sementara untuk konsumsi BBM, Yamaha Soul GT 125 yang memiliki tangki berkapasitas 4,2 liter itu bisa digunakan untuk menempuh jarak 53 km per satu liternya.

Untuk mempermudah Anda dalam memahami rincian spesifikasi Yamaha Soul GT 125, berikut ini kami tampilkan info lengkapnya dalam bentuk tabel :

Rincian Spesifikasi Yamaha Soul GT 125

DIMENSI

P X L X T (mm)

1870 X 685 X 1070

Jarak sumbu roda

1260 mm

Jarak terendah ke tanah

135 mm

Tinggi tempat duduk

760 mm

Berat isi

95 kg

Kapasitas tangki bensin

4,2 liter

MESIN

Kapasitas mesin

125cc

Tipe mesin

Air cooled 4-stroke, SOHC

Jumlah / Posisi silinder

Single cylinder

Dimater X Langkah

52,4 x 57,9 mm

Perbandingan kompresi

9,5 : 1

Daya maksimum

7.0 kW / 8000 rpm

Torsi maksimum

9,6 Nm / 5500 rpm

Sistem starter

Electric & kick starter

Sistem pelumasan

Basah

Kapasitas oli mesin

0,84 liter

Sistem bahan bakar

Fuel Injection

Tipe kopling

Kering, Centrifugal automatic

Tipe transmisi

V-belt automatic

RANGKA

Tipe rangka

Underbone

Suspensi depan

Teleskopik

Suspensi belakang

Unit swing

Ban depan

80/80 – 14M/C 43P

Ban belakang

100/70 – 14M/C 51P

Rem depan

Single disc brake

Rem belakang

Drum brake

KELISTRIKAN

Sistem pengapian

TCI

Battery

YTZ4V / GTZ4V

Tipe busi

NGK / CR6HSA

HARGA YAMAHA SOUL GT 125
Akhirnya kita sampai pada topik paling utama dan sekaligus menjadi penutup artikel tentang spesifikasi dan harga Yamaha Soul GT ala blogotomotif.com ini. Apalagi sih yang bisa dibahas kalau bukan soal harga Yamaha Soul GT ? Nah, disini Anda tidak hanya akan mendapat informasi tentang harga Yamaha Soul GT 125 saja, tapi juga akan mengetahui bagaimana perbedaan harga yang terjadi antara motor matik Yamaha tersebut dengan motor matik milik kompetitornya yakni Honda.

Berapa Harga Yamaha Soul GT Terbaru ?
Harga Yamaha Soul GT 125 (Baru)*

Rp.15.100.000,-

*Harga motor Yamaha Soul GT di atas berlaku mulai 14 Juli 2020
*Harga motor Yamaha Soul GT di atas hanya berlaku untuk wilayah Jakarta
*Harga motor Yamaha Soul GT di atas sewaktu-waktu bisa berubah

Saat ini harga Yamaha Soul GT 125 terbaru berada di kisaran Rp.15.100.000,-. Angka sebesar itu bisa dibilang cukup kompetitif untuk ukuran motor matik yang bermain di kelas 125cc. Hanya saja perlu kami ingatkan disini bahwa harga Yamaha Soul GT 125 tersebut berstatus OTR alias on the road Jakarta saja. Itu artinya harga Yamaha Soul GT 125 di beberapa daerah mungkin sedikit berbeda dan berpotensi sedikit lebih mahal dengan selisih beberapa ratus ribu.

Kabarnya harga Yamaha Soul GT yang berkisar di angka Rp.15 jutaan tersebut merupakan harga perkenalan yang ditetapkan oleh Yamaha Indonesia. Belum diketahui apakah harga Soul GT 125 itu kelak akan berubah atau tidak, tapi kami pastikan untuk selalu meng-updatenya jika suatu saat nanti memang sudah mengalami perubahan. Karena itulah jangan pernah lupa untuk terus kembali ke blogotomotif.com lagi ya.

Daftar Harga Yamaha Soul Bekas*
Harga Yamaha Mio Soul Bekas

Harga Bekas Yamaha Mio Soul 2007

Rp.6.700.000,-

Harga Bekas Yamaha Mio Soul 2008

Rp.7.500.000,-

Harga Bekas Yamaha Mio Soul 2009

Rp.7.800.000,-

Harga Bekas Yamaha Mio Soul 2010

Rp.8.400.000,-

Harga Bekas Yamaha Mio Soul 2011

Rp.9.400.000,-

Harga Yamaha Soul GT Bekas

Harga Bekas Yamaha Soul GT 2012

Rp.9.100.000 – Rp.11.600.000

Harga Bekas Yamaha Soul GT 2013

Rp.9.100.000 – Rp.12.600.000

*Harga Yamaha Soul bekas di atas tidak bersifat mutlak.
*Harga Yamaha Soul bekas di atas hanya sekedar patokan yang dirangkum dari harga pasaran pada umumnya.

Jika harga Soul GT tipe terbaru masih terlalu mahal bagi Anda, mungkin versi second alias bekasnya dapat menjadi pilihan yang bijak lantaran harga bekas Yamaha Mio Soul ataupun Soul GT cukup miring dan bersahabat dengan kantong.

Dari daftar harga bekas Yamaha Mio Soul dan Soul GT yang kami tampilkan di atas, bisa diketahui bahwa harga Mio Soul bekas cukup terjangkau karena berada di kisaran harga Rp.10 juta ke bawah. Sementara harga Soul GT bekas cenderung beragam antara Rp.10 jutaan hingga Rp.12 jutaan.

Tentu saja harga Yamaha Soul bekas yang kami sebutkan di atas tidak bersifat mutlak karena biasanya harga bekas dari sebuah motor selalu berbeda-beda dengan menyesuaikan kondisinya saat dijual. Pun begitu daftar harga bekas Yamaha Soul tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan patokan dasar sebelum memutuskan untuk benar-benar membeli sebuah motor Yamaha Soul bekas.

Perbandingan Harga Yamaha Soul GT 125 dan Kompetitor
Seperti yang telah kami sebutkan di awal pembahasan, Yamaha Indonesia menargetkan Soul GT 125 untuk bertarung dengan motor milik kompetitor yakni Honda Vario 110. Namun mengingat kapasitas mesin Yamaha Soul GT 125 sejatinya adalah 125cc, maka tak ada salahnya bila kita membandingkan motor matik milik Yamaha itu pada saudara Honda Vario 110 yang kastanya lebih tinggi yakni Honda Vario 125 eSP.

Tentu saja yang kita bandingkan disini adalah selisih harga Yamaha Soul GT 125 dengan Honda Vario 110 dan 125 eSP. Penasaran ? berikut ini rincian perbedaannya :

Perbandingan Harga Yamaha Soul GT 125 dan Kompetitor

Harga Yamaha Soul GT 125 – 2015

Rp.15.100.000,-

Harga Honda Vario 110 – 2015

Rp.15.650.000,-

Harga Honda Vario 125 eSP – 2015

CBS = Rp.16.900.000,-

CBS ISS = Rp.17.500.000,-

Dapat dilihat dari daftar perbedaan harga Yamaha Soul GT 125 dengan Honda Vario 110 dan 125 eSP di atas, ternyata harga Soul GT 125 adalah yang termurah. Tak peduli jika dibandingkan dengan harga Honda Vario 110 maupun Honda Vario 125 eSP yang notabene juga sama-sama menggunakan mesin 125cc, tetap saja harga Yamaha Soul GT 125 jadi yang paling bersahabat dengan kantong kita semua.

Selisih harga yang menjadi jurang pemisah antara tiga motor tersebut bisa diketahui dengan nyata. Jika dihitung-hitung selisih nominal antara harga motor Soul GT 125 dan Honda Vario 110 ataupun 125 eSP bisa mencapai Rp.500 ribuan hingga Rp.1 jutaan lebih. Tentu saja ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, salah satunya adalah perbedaan spesifikasi Yamaha Soul GT 125 dengan spesifikasi milik Honda Vario yang memang tidak sama.

BACA : Spesifikasi dan Harga Honda Vario eSP

Sampai disini dapat disimpulkan bahwa Yamaha Soul GT 125cc merupakan pilihan yang paling tepat jika saat ini Anda tengah mencai motor matik 125cc yang dibanderol dengan harga Rp.15 jutaan. Tapi keputusan akhir tetap kami kembalikan lagi pada diri Anda sendiri untuk memilih motor mana yang ingin dibeli, terlebih lagi jika dana atau budget bukanlah sesuatu yang perlu dipermasalahkan.

Sekedar saran, ada baiknya jika Anda melakukan test ride terlebih dulu sebelum membeli motor ini agar bisa membuat kesimpulan sendiri yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan yang Anda miliki. Pastikan Anda benar-benar merasa nyaman kala mengendarai Yamaha Soul GT 125. Dan lakukanlah pembelian jika ternyata motor ini sudah sesuai seperti yang Anda harapkan.

Sekian info tentang spesifikasi dan harga Yamaha Soul GT ini kami jabarkan pada Anda. Semoga dapat menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi Anda semua.