Pilih MPV atau City Car ?


Sebenarnya perdebatan tentang city car yang akan menggusur trend MPV sudah berlangsung semenjak tahun lalu. Banyak yang berpendapat bahwa dengan kondisi jalan yang saat ini semakin padat dan macet dimana-mana membuat sebagian orang berpikir bahwa mobil berkapasitas besar seperti MPV akan segera ditinggalkan dan sebagai gantinya orang-orang akan beralih pada city car yang cenderung memiliki bodi lebih kecil dibandingkan MPV serta lebih lincah ketika digunakan di tengah sesaknya jalanan kota saat ini.

Namun faktanya hingga sekarangpun jumlah penjualan mobil terbanyak di Indonesia masih didominasi oleh mobil yang mengusung tipe MPV. Sebut saja Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang masih setia bertengger di puncak daftar mobil terlaris di Indonesia periode September 2019. Ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia mayoritas kebanyakan masih memilih MPV sebagai pilihan mobil yang ingin dibelinya.

Kebanyakan konsumen memilih MPV karena mobil dengan tipe tersebut menawarkan daya akomodasi dengan kapasitas yang cukup besar. Dengan kelebihan yang seperti itulah maka banyak konsumen yang berasal dari segmen kelas menengah lebih memilih MPV sebagai mobil keluarga ketimbang city car yang cenderung kurang cocok jika harus digunakan sebagai mobil untuk mengangkut seluruh keluarga mengingat kapasitasnya yang tidak seberapa dibandingkan dengan MPV.

Sementara di sisi lain, city car atau hatchback juga sebenarnya mendapatkan tingkat penjualan yang meningkat di tahun ini. Sebut saja Honda Brio yang lumayan banyak diminati oleh konsumen dan sedang merajai segmen city car saat ini. Namun setelah ditilik lebih jauh ternyata kebanyakan orang yang menggunakan city car sebagai mobil pilihan adalah kalangan yang berasal dari anak muda dan orang-orang yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Orang-orang yang bertipe seperti ini tidak membutuhkan mobil yang bisa memuat banyak orang ataupun barang melainkan lebih membutuhkan mobil yang dapat mendukung tingginya mobilitas yang mereka hadapi sekaligus juga dapat memberikan kesan dinamis yang kental dengan gaya hidup anak muda jaman sekarang.

Lalu mana yang akan berjaya, MPV atau City Car ?

Sebenarnya dari segi trend mungkin city car akan tampil lebih berjaya dibandingkan dengan MPV namun dari segi penjualan sepertinya MPV tetap akan menjadi pilihan banyak orang mengingat fungsinya yang mencakup banyak hal.

Jika saya ingin membeli mobil, pilih MPV atau City Car ?

Jika anda sedang berada diantara dua pilihan antara membeli MPV atau city car maka ada baiknya anda memikirkan terlebih dahulu tentang fungsi dari mobil yang akan anda beli tersebut. Jika anda sedang membutuhkan mobil yang akan sering anda gunakan sebagai mobil keluarga maka tentu MPV adalah pilihan yang brilian. Sementara jika anda mengingkan mobil yang dapat memberikan anda gaya sekaligus lincah dan efektif dalam menghadapi tingkat kemacetan kota maka city car adalah pilihan yang bagus.

Kedua mobil ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita tidak dapat membandingkannya secara blak-blakkan mengingat fungsi utama dari kedua mobil tersebut yang sudah sangat jelas berbeda antara yang satu dan lainnya.