Persaingan Motor Sport Bakal Tambah Seru


Tags:

Data memperlihatkan bahwa penjualan motor sport di Indonesia periode 2020 menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan pasar motor sport yang mengisi kelas 150 cc dan 250 cc jika beberapa tahun lalu masih dipandang sebelah mata oleh pabrikan semakin menunjukkan geliat potensinya.

Menyambut pergantian tahun kali ini, beberapa pabrikan bahkan sudah terang-terangan menyatakan keinginannya untuk bermain dengan total di kelas 150 cc dan 250 cc. Yuk kita lihat apa saja rencana pabrikan motor di Indonesia, untuk menghadapi persaingan motor sport di kelas 150 cc dan 250 cc tahun 2020 ini.

Honda

Di kelas 250 cc, perjalanan Honda dengan CBR 250R sepertinya tidak berjalan terlalu mulus. Meskipun motor sport 250cc milik Honda tersebut selama tahun 2019 kemarin bisa terjual hingga ratusan unit setiap bulannya, namun faktanya Honda CBR 250R tetap tidak sanggup untuk menggerus langkah Kawasaki dengan Ninja 250 yang bisa terjual hingga ribuan unit setiap bulannya.

Pun demikian Honda tidak menyerah begitu saja. Terbukti untuk menghadapi tahun 2020 ini Honda dikabarkan telah mempersiapkan sebuah strategi baru yakni bakal meluncurkan CBR250R facelift untuk menarik lebih banyak konsumen. Motor sport terbaru Honda di kelas 250cc tersebut kabarnya akan mulai dijual di Indonesia pada pertengahan tahun ini.

Sementara di kelas 150 cc, Honda mulai terlihat lebih serius dengan misi mengalahkan Yamaha yang selama bertahun-tahun memang menguasai segmen ini. Untuk mewujudkan misinya tersebut, di tahun 2019 kemarin Honda telah meluncurkan CB150R dan Verza 150 yang dijual dengan harga cukup murah demi menarik minat konsumen. Khusus untuk tahun 2014, Honda mengatakan bahwa pihaknya bakal mengeluarkan kejutan-kejutan baru demi memperkuat posisinya di pasar 150 cc Tanah Air. Beberapa model facelift Honda akan hadir di tahun ini, termasuk Honda Tiger dan Mega Pro yang nantinya bakal keluar versi terbaru dan telah dibekali dengan teknologi injeksi.

Yamaha

Selama ini Yamaha memang tidak terlihat memiliki ambisi untuk bermain serius di kelas 250 cc. Namun bersiap-siaplah karena di tahun 2019 ini Yamaha telah berubah pikiran dan siap untuk menantang Kawasaki dan Honda yang bermain di kelas tersebut. Dengan berbekal motor sport R25, Yamaha diprediksi bakal menjadi musuh berat bagi Ninja 250 dan Honda CBR250 yang sudah lebih dulu keluar.

Sementara di kelas 150 cc, status sebagai penguasa rupanya tak membuat Yamaha lengah begitu saja. Sadar pada tahun 2014 ini mereka bakal mendapat serangan yang lebih dahsyat dari Honda, pabrikan berlambang garpu tala tersebut berniat untuk meluncurkan motor-motor baru. Salah satu jagoan baru Yamaha di kelas ini adalah R15. Memiliki desain yang terinspirasi dari R1 dan R6, harga Yamaha R15 berada dikisaran Rp 40 jutaan dan justru berpotensi untuk tetap mengukuhkan Yamaha sebagai penjual motor sport 150 cc tersukses di Indonesia.

Kawasaki

Di kelas 250 cc, Kawasaki masih menjadi menjadi penguasa dengan pangsa pasar yang sangat besar. Salah satu jagoannya yakni Ninja 250 bahkan sukses menjadi motor sport 250cc terlaris di Indonesia dengan penjualan mencapai 3.000 unit per-bulannya. Sadar bahwa pabrikan rival mulai menantangnya secara terang-terangan, Kawasaki juga dikabarkan bakal mengeluarkan jagoan baru untuk meramaikan kelas 250 cc di Indonesia.

Suzuki

Baru-baru ini pihak Suzuki Indonesia dikabarkan sudah mulai tertarik untuk ikut bermain di kelas 150 cc. Untuk mewujudkan hal tersebut, tahun ini Suzuki bakal mengeluarkan motor 150 cc yang awalnya akan hadir dalam versi naked dan selanjutnya disusul dengan versi fairing.

Suzuki mengklaim bahwa motor sport baru yang menjadi andalannya tersebut mempunyai mesin dan bodywork yang sangat baru dan berbeda dari produk dengan merk-merk yang lain dikelasnya. Nantinya motor ini diharapkan mampu bersaing dengan motor sekelasnya di Indonesia yakni Honda New Mega Pro dan Yamaha V-ixion.