Pengen Jual Mobil Bekas di Internet ? Ini Triknya


Tags:

Jual mobil bekas di internet adalah solusi bagi Anda yang ingin memanfaatkan kemudahan dan efisiensi yang mampu ditawarkan dunia maya. Seperti yang kita ketahui bersama, belakangan ini internet memang sudah jadi kebutuhan hampir semua orang. Melihat kondisi yang demikian, sudah barang tentu kalau yang namanya internet dapat menjadi peluang yang menggiurkan dalam hal pemasaran, terlebih lagi untuk mendukung aktivitas jual-beli mobil bekas.

Biarpun kedengarannya sangat simple, namun kenyataannya menjual mobil bekas di internet bukanlah perkara mudah. Begitu ketatnya persaingan diantara sesama penjual membuat kegiatan jual mobil bekas lewat internet terbilang sulit.

Tidak sedikit yang menyerah, atau bahkan menganggap bahwa menjual mobil bekas secara online itu hanya buang-buang waktu dan tenaga. Namun di sisi lain, justru banyak juga yang selalu sukses, malah bahkan menjadikan kegiatan jual-beli mobil bekas di internet itu sebagai mata pencaharian.

Sebenarnya menjual mobil bekas via internet itu membutuhkan perlakuan yang hampir sama dengan aktivitas jual mobil bekas di dunia nyata. Bedanya, mobil yang ditawarkan tidak berada langsung di depan mata calon pembeli, melainkan hanya lewat perantara berupa layar monitor (komputer) atau gadget.

Jika Anda termasuk orang yang selalu gagal ketika menjual mobil bekas di dunia maya, mungkin bukan diri Anda atau mobilnya yang salah. Bisa jadi metode yang Anda gunakan masih belum tepat, sehingga mobil bekas yang Anda tawarkan jadi susah laku.

Berikut ini The Honda Club hadirkan beberapa trik jual mobil bekas di internet. Tentu saja ini semua dimaksudkan agar mobil bekas yang Anda jual bisa jadi lebih menarik. Sehingga kemungkinan dilirik oleh calon pembeli-pun jadi kian besar.

1. Pastikan Mobil dalam Kondisi Terbaik
Jangan Anda pikir kalau yang namanya jual mobil di internet itu bisa dilakukan dengan sekedar asal-asalan saja. Meskipun calon pembeli belum melihat langsung mobil yang Anda jual, namun sebagai penjual yang baik maka Anda harus bisa menjamin bahwa mobil tersebut sedang dalam kondisi terbaik.

Hampir kebanyakan penjual mobil bekas yang sukses di internet selalu siap dengan segala kemungkinan yang ada. Contohnya saja jika suatu hari ada calon pembeli yang kebetulan satu daerah dan ingin bertemu secara langsung (COD), mereka selalu siap dengan kondisi mobil yang dapat dipertanggung-jawabkan. Bayangkan saja jika ternyata mobil yang Anda tawarkan sedang dalam kondisi terburuk. Bisa-bisa pertemuan diundur sehingga membuat Anda berpotensi kehilangan calon pembeli yang potensial.

Karena itulah, meski Anda sedang menjual mobil dengan perantara dunia maya, namun berperilaku-lah layaknya sedang menjual mobil di dunia nyata. Adapun beberapa persiapan yang perlu Anda cermati sebelum menjual mobil bekas secara online, dapat Anda baca di artikel Blog Otomotif sebelumnya : Persiapan Sebelum Menjual Mobil Bekas di Internet.

2. Pasang Iklan di Internet
Ada banyak sekali peluang di dunia maya, khususnya untuk dijadikan sebagai tempat untuk memasang iklan mobil bekas yang ingin Anda jual. Anda bisa memilih mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Memasang iklan di banyak tempat secara sekaligus itu baik, hanya saja perlu beberapa perhatian khusus agar iklan yang Anda buat tersebut efektif dan tidak sia-sia. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara memasang iklan jual mobil bekas yang baik di internet, sebelumnya Blog Otomotif sudah pernah mengulasnya dengan rinci di : Tips Pasang Iklan Mobil Bekas di Internet.

3. Siapkan Diri
Jika Anda sudah menerapkan 2 langkah di atas. Bersiap-siaplah karena sebentar lagi Anda akan kebanjiran pertanyaan dari para calon pembeli. Bisa jadi dari 10 orang yang bertanya, hanya ada 5 orang yang benar-benar tertarik. Dan dari 5 orang tersebut mungkin hanya ada 2 yang benar-benar serius.

Dari sini yang dibutuhkan adalah kesabaran. Tetap layani setiap orang yang melayangkan pertanyaan dengan jawaban yang baik dan jujur. Jangan terkesan kalau Anda lambat memberi respon, namun di waktu yang sama jangan terkesan kalau Anda terburu-buru. Dua hal ini penting karena apapun sikap Anda akan dinilai sendiri oleh calon pembeli.

Sikap yang cenderung lambat memberi respon akan membuat calon pembeli merasa kalau Anda kurang serius. Sementara sikap yang terkesan terburu-buru justru bisa membuat calon pembeli curiga, baik kepada Anda langsung atau pada mobil bekas yang sedang Anda tawarkan.

Bersikaplah secara bijak ketika menghadapi calon pembeli. Biarpun tidak saling bertatap muka namun dengan komunikasi yang baik akan membuat proses jual-beli berakhir dengan saling menguntungkan.

4. Jangan Menyerah
Salah satu alasan kenapa banyak yang memilih internet sebagai alternatif untuk menjual mobil bekas adalah karena lebih efisien. Selain itu juga ada kemungkinan kalau mobil bekas yang dijual mendatangkan keuntungan yang lebih banyak, karena harga yang ditawarkan bisa lebih tinggi dibanding harga yang beredar di dunia nyata.

Dengan segala kelebihannya tersebut, sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan internet sebagai media untuk menjual mobil bekas. Pastikan Anda menjadi bagian di era yang sudah serba online seperti saat ini. Dan jangan menyerah untuk terus berusaha jika Anda masih belum mendapat pembeli yang pas ketika menjual mobil di dunia maya.