Modifikasi Suzuki Thunder 250 “The OWL”


Jangan salah lho ya, julukan “Burung Hantu” (the Owl) yang disematkan pada motor ini bukan berarti dikarenakan si empunya motor gemar keluyuran di malam hari. Ada cerita dibalik nama dan logo burung hantu yang menempel di tangki motor ini. Mau tahu bagaimana kisahnya ? Lanjutkan membaca ulasan modifikasi Suzuki Thunder 250 berikut ini.

Adalah I one, seorang pemilik Suzuki Thunder 250 lansiran tahun 2003 yang memutuskan untuk merombak tampilan motornya tersebut agar bisa membuatnya tampil lebih gaya dan percaya diri. Setelah mencari inspirasi modif motor di internet, ia akhirnya memutuskan untuk memodifikasi Suzuki Thunder miliknya dengan konsep Street Scrambler.

Rumah modifikasi 70E Warehouse yang saat ini bermarkas di Washington DC, USA menjadi pilihannya. Setelah melakukan diskusi terkait apa yang ia harapkan dari para punggawa 70E Warehouse , akhirnya proses pengerjaan pun dimulai.

KAKI-KAKI

Bagian yang paling pertama mendapat perhatian adalah sektor kaki-kaki Thunder 250 yang harus dipensiunkan. Shock depan upside down milik Suzuki GSXR-400 dipilih untuk menggantikan fork depan bawa’an sebelumnya. Swing arm bawaan juga tak luput dilepas dan diganti dengan miliknya Suzuki GSXR-400, lengan ayun itu ditopang shock absorber tunggal lansiran YSS Z-Series yang memang telah dikenal luas cukup mumpuni dalam meredam guncangan.

Kemudian untuk memberikan tampilan yang garang, kaki depan dihiasi dengan velg TK Japan dengan dimensi 17X3.00 Inch, yang dibalut dengan ban Shinko 011 120/70-17. Sementara kaki belakangnya dipercayakan pada velg TK Japan 17X5.00 Inch dan balutan ban Shinko 011 170/60-17.

BODI

Bukan 70E Warehouse namanya kalo tidak meng-custom sendiri tangki motor yang ditanganinya. Agar terlihat makin menarik maka 70E Warehouse membuat tangki dari material plat galvanil 1.2 mm khusus untuk bodi Suzuki Thunder 250 yang sedang dimodifikasi tersebut. Sedikit bocoran nih ya, bentuk tangki yang unik tersebut rupanya sedikit terinspirasi dari desain yang terdapat pada Ducati Scrambler JVB Moto.

PEWARNAAN

Berlanjut ke proses pemberian warna, kali ini giliran Booming Style yang mengambil alih tugas penting tersebut. Warna yang dipilih adalah hijau tosca dengan lapisan dasar dan pernis dari Sikkens. Saat proyek ini tengah berjalan, Bro I One rupanya teringat akan seekor burung hantu yang dulu pernah ia rawat dan menjadi hewan peliharaan kesayangannya. Atas dasar itulah, pria yang tinggal di daerah Chicago ini kemudian menginginkan siluet burung hantu agar disematkan di bagian sisi tangki. Tentunya permintaan semacam itu bukanlah masalah besar bagi Boming Style yang kemudian menyematkan siluet burung hantu dengan line halus berwarna putih di sisi kiri dan kanan tangki.

FINISHING

Modifikasi Suzuki Thunder 250 I One sudah hampir selesai. Proses finishing dikerjakan untuk memasang beberapa peranti agar tampilan khas street scrambler-nya bisa terpancar lebih mantap. Mulai dari stang fatbar yang dipercayakan pada label Barros, lampu depan dan belakang menggunakan produk aftermarket, juga melakukan upgrade pada peranti pengereman. Tak lupa saluran buang racikan Flash Muffler Custom dipakai agar keluaran suara motor bisa terdengar lebih garang, sekaligus untuk memberikan performa yang lebih bisa diandalkan.

Setelah proses pengerjaan sepenuhnya rampung. Bro I One kemudian memutuskan untuk menamakan motornya ini dengan julukan “The Owl” alias Burung Hantu. Dengan begitu maka Bro I One berharap agar kelak ia bisa menyayangi motornya tersebut layaknya dulu ketika ia menyayangi burung hantu yang pernah ia pelihara.

Data Modifikasi Suzuki Thunder 250 I One:

Body : Custom by 70E Warehouse
Painting & Airbrush: by Booming Style
Upside Down: Suzuki GSXR-400
Swing Arm Suzuki: GSXR-400
Velg Depan: TK Japan 17X3.00 Inch Ban Shinko 011 120/70-17
Velg Belakang: TK Japan 17X5.00 Inch Ban Shinko 011 170/60-17
Master Rem Depan: Nissin + Kaliper Tokico
Disc: PSM
Master Rem Belakang: Nissin
Lampu Depan & Lampu Belakang: Aftermarket
Exhaust System: by Flash Muffler Custom
Informasi Bengkel Modifikasi Studio Motor Custom Werkz: 70E Warehouse  & Booming Style.