Modifikasi Nissan March 2014, Dari Mobil Feminim Dirombak Jadi Mobil Racing Style


Di tangan para punggawa rumah modifikasi Impul, sebuah Nissan March lansiran tahun 2014 ini dibuat tampil ciamik dan sarat akan kesan sporty.

Tak ada lagi Nissan March yang tampak manis apalagi feminim. Yang ada hanyalah Nissan March yang cenderung seperti mobil balap.

Impul merupakan salah satu rumah modifikasi resmi untuk mobil-mobil Nissan, menemani 2 tuner resmi Nissan lainnya yaitu Nismo dan Autech.

Berbeda dengan Nismo dan Autech yang cenderung bermain aman, Impul lebih dikenal sebagai tuner yang kerap memodifikasi mobil Nissan dengan konsep-konsep ekstrim.

Seperti apa hasilnya jika Impul menangani proyek Modifikasi Nissan March 2014 ? Berikut ini ulasannya :

Tampak Depan

Nissan March hasil karya Impul ini terlihat cukup mencolok karena kelir merah yang menyelimuti seluruh bodinya. Untuk membedakannya dari Nissan March standar, wajah depan pun dipermak ulang mulai dari dipasangnya grill model sarang tawon, rumah kaca spion luar terbuat dari karbon, hingga melepas emblem Nissan yang diganti dengan emblem Impul.

Bumper depannya memiliki desain baru yang lebih atraktif. Kemudian di bagian bawah dipasang bibir spolier yang mendapat tambahan rongga udara besar di bagian kiri-kanan. Sekilas tampilan rongga udara ini mengingatkan kita pada mobil keluaran Mercedes Benz yang khas dengan rongga udara yang mengapit air dam tengah. Sebagai pamungkas, wajah depan yang tampak garang itu dilengkapi pula dengan kehadiran lampu kabut dan dan tiga LED model DRL (day time running lights), sehingga membuatnya tampak stylish.

Tampak Belakang

Modifikasi Nissan March ala Impul juga terjadi di bagian buritan. Dilihat dari belakang, kesan racing sytle kian terasa berkat sebuah sayap alias wing spoiler yang dipasang diatas di pintu belakang. Fungsinya selain membuat tampilannya lebih gagah juga untuk menambahkan daya cengkeram roda dengan memanfaatkan daya tekan udara yang mengarah kebawah sesuai dengan bentuk sayap tersebut.

Sama seperti sektor depannya, bumper belakang juga mendapat desain baru sehingga membuatnya tambah istimewa. Di bagian bawah telah dipasang bibir spolier yang juga mendapat tambahan rongga udara besar, dipadu dengan diffuser berwarna abu-abu tua yang senada dengan bumper depannya.

Kaki-Kaki
Di sektor kaki-kaki, Nissan March Impul mendapat velg RS-S05 bermotif bintang 17 inchi dengan model racing, yang dibalut dengan profil ban tipis. Warna velg tampak serasi dengan bodi secara keseluruhan, serta tidak terkesan dipaksakan karena justru mendukung konsepnya yang sporty.

Dongkrak Performa
Meskipun secara tampilan bisa dikatakan Nissan March Impul ini terlihat lebih keren dibanding versi standarnya, namun sayangnya modifikasi Nissan March yang dilakukan oleh Impul ini tidak diimbangi dengan perombakan secara total yang menyasar ke sektor performanya. Impul hanya memberikan sedikit sentuhan alat-alat khusus untuk menunjang performa mobil, namun tidak ada yang terlalu istimewa karena sejatinya karakter mesin masih mengandalkan versi orisinil dari pabrikan.

Beberapa komponen tambahan yang dibekali Impul untuk Nissan March modif ini diantaranya : hi-power control kit untuk meningkatkan respon mesin, extra power kit untuk meningkatkan respon throttle, super shocks untuk memberi keseimbangan yang lebih baik terhadap bobot kendaraan, brake systems untuk meningkatkan sistem pengereman, coil springs, brake pads, dan muffler alias pipa pembuangan.