Modifikasi New Honda Megapro FI


PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja merilis versi terbaru dari Honda Megapro. Tak hanya mendapat penyegaran dari segi tampilan, new Megapro juga telah dibekali dengan teknologi injeksi Honda yakni PGM-FI yang menjadikannya lebih irit bahan bakar. Bertepatan dengan acara peluncurannya, PT AHM dengan menggandeng rumah modifikasi Dark Motor Sport (BMS) menghadirkan new Honda Megapro FI yang telah dimodifikasi. Tentu saja hal ini sengaja dilakukan untuk menunjukkan pada masyarakat, bahwa motor sport terbaru Honda tersebut juga menarik untuk dirombak sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Baru Motor Sport (BMS) memodifikasi new Honda Megapro FI dengan mengambil konsep ‘adventure’. Ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa new Honda Megapro FI tidak hanya cocok untuk dipakai sebagai kendaraan sehari-hari atau kendaraan touring saja, namun juga pantas digunakan sebagai kendaraan untuk berpetualang.

Bodi
Agar tampil kalem namun tetap menawan, BMS melabur bodi new Honda Megapro FI ini dengan cat abu-abu dof yang dikombinasi dengan cutting stiker oranye dan hitam. Bentuk tangkinya masih standar, tapi diberi aksesori tutup driven CBR1000R.

Kaki-Kaki
Sebagai motor adventure, modifikasi new Honda Megapro FI ala BMS ini mendapat perhatian lebih pada sektor kaki-kakinya. Agar bisa tampil macho sekaligus bisa diandalkan ketika berpetualang, maka tongkrongan dibuat jadi lebih tinggi dan kekar.

Mulai dari suspensi depan yang sudah tidak lagi memakai model teleskopik bawaan pabrik, melainkan sok depan upside down (model terbalik) merek Equinox dari Taiwan. Kemudian lengan ayun dan monosok belakangnya diganti menggunakan miliknya CBR600R. Efek dari pergantian ini adalah ground clearance yang jadi makin tinggi. Contohnya saja tinggi sok belakang yang tadinya 340mm kini menjadi 360mm. Kondisi seperti ini selain mirip dengan standar sepeda motor jenis supermoto, juga membuat motor jadi lebih mumpuni ketika diajak berpetualang.

Agar tampak kekar, velgnya mengadopsi velg Honda CBR250 3.5X17 untuk di depan dan CBR250 4.5XX17 untuk di belakang. Velg tersebut dibalut dengan ban dengan tapak lebar keluaran Shinko ukuran 130/80-17 untuk depan, dan ukuran 160/70-17 untuk belakang. Ban jenis ini memang cocok untuk jalan aspal, serta juga bisa diandalkan untuk melibas medan off-road ringan.

Aksesoris
Lampu utama diganti dengan model proyektor ala eagle eye dari 9Power. Untuk mempercantik tampilan depannya, semi tameng angin (windshield) kecil dari Honda CS1 juga sengaja dipasang di atas metercluster.

Untuk memberikan kesan layaknya motor Adventure, model setangnya diganti lebih panjang. Setang asli bawaan pabrik dipensiunkan dan diganti dengan setang probiker khusus adventure yang diberi handguard (pelindung tangan) Acesbis. Kemudian casing Capdase turut disematkan di setang, untuk meletakkan peranti navigasi GPS (Global Positioning System).

Jok dibuat custom dengan palpis semi sintetis MB-Tech. Ditambahkan busa sebagai pemisah antara pengendara dan boncenger. Kemudian agar mesin tetap aman dari goresan, BMS meng-custom cover engine (pelindung mesin) bagian bawah dan cover turbular (rangka tubular) untuk melindungi blok mesin.

Sebagai motor penjelajah, tentu banyak perlengkapan yang akan dibawa. Agar tidak memberatkan si pengendara maka disiapkan alat penampungan berupa side boks GIVI V35 plus bracket yang dipasang di bagian buntut.

Upgrade Performa
BMS tidak mengutak-atik mesin untuk meng-upgrade performa dari new Megapro FI yang mereka modif ini. Motor ini masih tetap menggendong mesin berkapasitas 150 cc berteknologi injeksi (PGM-FI). Hanya knalpot standar saja yang diganti dengan knalpot Yoshimura USA model titanium untuk menaikkan sedikit tenaga. Tentu hal ini dilakukan dengan penyetelan ulang pada sistem komputerisasi. Sementara untuk meningkatkan performa daya cengkramnya, rem diganti dengan merek Nissin yang dibantu tugasnya oleh cakram depan KTC.

Data Modifikasi New Honda Megapro FI :

Model : New Honda Megapro FI 2014
Konsep/Aliran/Gaya : Adventure
Biaya Modif : Rp 45 juta – Rp 50 juta
Lama Pengerjaan : 1 Bulan
Suspensi depan: Upside Down Equinox
Velg depan: CBR 250 3.5×17
Velg belakang: CBR 250 4.5×17
Ban depan: Shinko 13080-17
Ban belakang: Shinko 16070-17
Swingarm: CBR600 2012
Monoshock: CBR600 2012
Box: Givi v35
Setang: Probiker
Master rem: Nissin
Knalpot: Yoshimura USA
Handgrip: KTC
Handguard: Acerbis
Body+paint: BMS
Lampu depan: Projector 9 Power
Winshield: CS1
Disk depan: KTC
Jalu paddock: CNC Racing
Tutup tangki driven: CBR1000
Jok: MB-tech
Cover engine: custom by DMS
Tubular cover: custom by DMS