Mobil Pemadam Kebakaran Ala Reliant Robin


Sebuah ide agak ‘nyeleneh‘ datang dari seorang pria gaek asal Lincolnshire. Mungkin karena ia menganggap bahwa mobil pemadam kebakaran yang sudah ada saat ini terlalu besar sehingga membuatnya menjadi kurang praktis. Alhasil pria yang bernama John Ward ini memodifikasi mobilnya sendiri menjadi sebuah kendaraan yang mungkin bisa dikatakan sebagai mobil pemadam kebakaran terkecil di dunia.

John Ward menghabiskan waktu selama kurang lebih 4 bulan untuk merancang mobil pemadam kebakaran kreasinya tersebut. Mobil ini pada dasarnya merupakan sebuah Reliant Robin, mobil klasik yang diklaim sebagai salah satu mobil paling langka di dunia. Menurut John Ward, tidak ada kendaraan yang lebih kecil dari Reliant Robin, kecuali sepeda. Dan dengan mobil pemadam kreasinya tersebut John Ward yakin bisa membuat aktivitas pemadam kebakaran menjadi lebih mudah karena bentuknya yang mungil.

Secara keseluruhan, meski mobil pemadam kebakaran buatan Ward ini memiliki bodi yang sangat kecil, namun mobil ini telah dibekali dengan beragam peralatan komplit layaknya mobil pemadam kebakaran pada umumnya. Seluruh lapisan bodi mobil ini bahkan dilabur dengan cat warna merah, sesuai dengan ciri khas mobil pemadam kebakaran saat ini.

Untuk bisa menjalani tugasnya dengan baik, mobil ini telah dilengkapi dengan 6 meriam air. Dimana sebanyak 2 meriam dipasang di atap, 2 meriam di kap mesin, dan sisanya di bagian belakang mobil. Untuk mengisi meriam dengan air, mobil ni dilengkapi dengan tangki yang mampu diisi air hingga 50 liter. Mobil ini juga memiliki lonceng dari kuningan serta lampu berwarna biru dan merah. Tak itu saja, mobil ini bahkan memiliki tangga penyelamatan dan sebuah sirene khas mobil pemadam kebakaran.

Dengan bentuknya yang ramping, dapat dipastikan bahwa mobil ini bisa keluar-masuk gang-gang sempit yang biasanya terdapat di daerah berpenduduk padat. Satu-satunya kelemahan mobil ini hanyalah kapasitas daya angkutnya yang hanya mampu memuat 2 petugas pemadam saja. Jika dikebut, mobil ini dapat melaju hingga kecepatan 96 kilometer per jam.

Reliant Robin milik John Ward ini pada dasarnya merupakan mobil roda 3 yang berasal dari varian Reliant Regal. Mobil asal Inggris ini mulai diproduksi pada tahun 1953 dan berhenti pada tahun 1973. Meskipun dirancang dengan 3 roda, namun mobil ini juga dapat dapat dikendarai sebagai kendaraan roda 2. Saking mudahnya, siapapun yang bisa mengendarai sepeda motor juga dikatakan pasti langsung bisa mengendarainya.