Mobil Hybrid Sport BMW i8


BMW i8 sebelumnya pernah diperkenalkan pada publik di tahun 2013, hanya saja kala itu modelnya masih berstatus sebagai mobil konsep, bukan mobil produksi. Acara perkenalan yang dilakukan BMW tersebut rupanya memancing reaksi positif dari publik. Meskipun pabrikan asal Jerman itu sudah berkali-kali mengatakan kalau mereka baru akan meluncurkan BMW i8 pada bulan Juni 2014 mendatang, namun pesanan BMW i8 langsung membludak. Saking banyaknya, pihak BMW bahkan dikabarkan harus menyusun ulang rencana produksi BMW i8 yang sebelumnya telah mereka siapkan.

Sebagai tahap awal, BMW i8 akan difokuskan untuk masuk pasar Eropa terlebih dahulu, sebelum dilanjutkan ke beberapa negara lain. Dibanding versi konsepnya, BMW mengklaim kalau versi produksi i8 sudah mengalami perbaikan ideal, antara kenikmatan berkendara dengan level konsumsi bahan bakar.

BMW i8 merupakan mobil hybrid sport pertama yang diproduksi BMW untuk dijual ke pasaran. Salah satu kelebihan BMW i8 adalah struktur bodinya yang mengandalkan serat karbon sehingga membuat bobotnya jadi lebih ringan. Kelebihan BMW i8 yang lainnya adalah konsumsi bahan bakarnya yang sangat efisien. BMW i8 diklaim sanggup menempuh perjalanan hingga 600 km (370 mil), dalam kondisi hanya sekali isi bensin penuh dengan mode berkendara Eco Pro.

Jika dirata-rata, konsumsi bahan bakar BMW i8 mencapai 47,6 kpl dengan emisi gas buang karbondioksida 49 gram per km. Data tersebut didapatkan dari pengujian menggunakan standar tes Uni Eropa. Jika benar demikian, itu artinya BMW i8 lebih irit jika dibandingkan dengan Ferrari LaFerrari atau McLaren P1.

BMW i8 menggendong 2 sumber daya yang terdiri dari motor listrik 96 kW untuk roda depan dan mesin bensin turbo tiga silinder (I3) berkapasitas 1,5 liter. Motor listriknya mampu memberikan tambahan daya hingga 129 HP (96 kW) dan torsi 250 Nm (184 lb-ft). Sementara mesin turbonya mampu menggelontorkan tenaga hingga 228 HP (170 kW) dan torsi 320 Nm (236 lb-ft). Jika ditotal, kombinasi dari 2 sumber daya tersebut sanggup membuat tenaga BMW i8 mencapai 357 HP (266 kW) dan torsi 570 Nm (420 lb-ft).

Dibekali baterai lithium-ion tegangan tinggi berkapasitas 5,2 kWh, mesin BMW i8 dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan. Akselerasi yang sanggup ditempuh mobil hybrid sport BMW ini kabarnya hanya butuh waktu 4,4 detik dari 0 ke 100 km/jam, dengan top speed mencapai 250 km/jam (155 mph).