Menentukan Harga Jual Motor Bekas Anda


Tags:

Menjual motor bekas memang bukan perkara mudah, bagi anda yang tidak mau repot-repot mungkin cukup menawarkan motor anda pada dealer, melakukan negosiasi kecil kemudian sisanya akan diurus oleh pihak dealer tersebut.

Namun sebagian orang ada yang lebih nyaman untuk menjual mobilnya secara perseorangan. Hal ini dilakukan karena banyak faktor dan salah satu kelebihannya adalah sang penjual bisa meraup keuntungan lebih banyak karena semua uang hasil penjualan akan masuk ke kantong pribadi. Jika anda sudah terbiasa berdagang mungkin menjual motor bekas bukanlah suatu hal yang terlalu sulit, namun jika anda masih belum terbiasa maka masalah yang mungkin akan muncul adalah bingung menentukan berapa harga yang harus anda tawarkan pada orang terhadap motor bekas anda tersebut. Hal ini sangat penting karena penentuan harga yang tepat akan dengan cepat memungkinkan Anda mendapatkan harga yang pantas untuk mobil bekas Anda. Dan penentuan harga yang salah akan membuat Anda harus menunggu berminggu-minggu untuk mendapatkan penawaran dari calon pembeli.

Berikut ini The Honda Club akan menyajikan beberapa Trik Menentukan Harga Jual motor Bekas Anda sebagai bahan pertimbangan bagi anda yang saat ini sedang berusah untuk menjual motor bekas pribadi.

  • Pelajari Kondisi Pasar Mokas

Sangat penting untuk mempelajari bagaimana kondisi pasar mokas saat ini sebelum pada akhirnya anda memutuskan untuk terjun ke medan pertempuran. Tanyakan pada diri anda sendiri : Apakah jenis motor Anda ini sedang banyak permintaan di pasar? Bisakah Anda memasang harga yang tinggi? Apakah ini waktu yang tepat untuk menjual motor? Berikut ini sedikit hal-hal umum yang dapat menjawab pertanyaan tersebut :

-Cuaca atau musim juga mempengaruhi permintaan motor bekas terutama untuk jenis motor bebek, matic atau pun motor sport.

-Motor koleksi akan cenderung lebih lama untuk dijual. Meskipun Anda dapat menjualnya dengan harga yang pas jika bertemu dengan pembeli yang tepat.

  • Survey Pasar

Carilah informasi harga pasaran motor yang akan Anda jual dari berbagai sumber seperti di internet, majalah, koran atau dari teman-teman untuk melihat harga yang dipatok penjual lain untuk motor yang sejenis dengan yang Anda miliki.

Bandingkan daftar harga di tempat lain tersebut sebagai patokan harga untuk motor bekas yang anda miliki. Tentunya perbandingan ini harus disesuaikan dengan keadaan motor anda seperti kondisi motor, jarak tempuh yang telah dipakai, lokasi geografis, kelengkapan surat-surat, dll. Jangan memberikan harga yang terlampau mahal atau terlampau murah dibandingkan competitor anda.

  • Tetapkan Batasan Harga

Patoklah harga untuk motor anda lebih tinggi dari pada uang yang anda harapkan dan tetapkan pula batasan harga terendah. Hal ini perlu dilakukan karena pada saat negosisasi kelak pasti calon pembeli akan melakukan penawaran, dengan begini jika kelak anda harus menurunkan harga setidaknya anda tidak perlu merugi terlalu banyak.

  • Gunakan Akal Sehat

Jangan sembarangan mematok harga. Gunakan akal sehat anda apakah harga yang anda tawarkan tersebut dapat diterima atau tidak. Perhatikan pula kondisi motor anda lalu berikanlah harga yang layak agar anda tidak dicemooh oleh calon pembeli. Jika kondisi motor anda memang masih sangat baik maka tidak ada salahnya jika anda mematok harga relative tinggi, namun jika motor anda memiliki banyak kekurangan maka ada baiknya menyesuaikan harga sesuai kondisi yang ada.

  • Mainkan Intuisi Anda

Perhatikan keadaan yang sedang terjadi. Pertimbangkan kemungkinan jika motor bekas Anda itu sedang banyak peminatnya atau tidak. Pertimbangkan juga kondisi masyarakat apakah sedang rame membeli motor atau mungkin sedang lesu. Dengan beberapa pertimbangan tersebut maka anda dapat memilih sendiri apakah anda harus memberikan harga relatif tinggi atau relatif rendah.