Lamborghini Luncurkan The Aventador SVJ Roadster


Minggu lalu Lamborghini baru saja meluncurkan update mobil balap mereka yang selama ini telah sangat terkenal yaitu Lamborghini The Aventador SVJ Roadster. Mobil ini ditampilkan pada publik dengan modelnya yang baru dan rencananya kelak akan diikursertakan di Paris Auto Show tahun ini. The Aventador SVJ Roadster yang digadang-gadang sebagai bagian dari program mobil balap Lamborghini tersebut sebenarnya tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan dari segi model karena hanya mengalami sedikit perombakan yang tidak membuatnya menjadi terlalu jauh berbeda dengan The Aventador  pada umumnya. Hanya saja mobil ini dilengkapi oleh beberapa fitur-fitur khusus mobil balap dan tampil dengan spoiler baru, dengan diffuser belakang diperbarui dan dengan lengkungan roda yang didesain ulang.

Mobil ini memang benar-benar dirancang sebagai mobil balap dengan 120 persen peningkatan pada efisiensi aerodinamis yang tentunya menjadikannya sedikit lebih dari pendahulunya. Ini semua berasal dari pengerjaan ulang tim R & D pada body dan menambahkan perangkat keseimbangan aerodinamis seperti sayap belakangnya yang dapat diatur pada 10 posisi. Saluran rem juga direnovasi, memberikan The Aventador SVJ Roadster peningkatan sebanyak 500 persen pada kinerja termal dengan peningkatan pendingin rem depan. Keseimbangan yang lebih baik dan kinerja yang lebih dinamis juga dicapai dengan meningkatkan downforce 128 kg ke dalam pengaturan downforce yang rendah, dan 160 kg ke dalam pengaturan downforce yang tinggi.

“Kami telah mengambil sebuah lompatan besar yang signifikan dengan kinerja aerodinamis dari The Aventador SVJ Roadster yang baru, tapi pada dasarnya mobil ini tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip utama kami. Kami percaya bahwa melakukan evolusi pada sebuah mobil merupakan suatu hal yang sangat penting sembari memastikan The Aventador SVJ Roadster akan tetap merupakan seri yang menarik untuk bersaing, “kata Maurizio Reggiani, Direktur Riset & Pengembangan dan Kepala Lamborghini Motorsport.

Mobil keluaran pabrik asal Italia ini merupakan versi standar dari The Aventador  yang telah disiapkan untuk sebuah kompetisi balap di Italia dan disponsori oleh Blancpain dimana 58 driver bersaing di berbagai trek termasuk Nurburgring yang terkenal di Jerman. Sekedar mengingatkan, Lamborghini Blancpain Super Trofeo adalah program seri mobil balap Gallardo The Aventador SVJ Roadster yang pada tahun 2012 ini telah menampilkan 6 seri balapan di Eropa dan untuk pertama kalinya juga di Asia. Presiden dan CE – Stephan Winkelmann mengatakan bahwa Super Trofeo ini akan segera merambah ke kawasan Amerika Utara dan Amerika Serikat juga.

Sayangnya tidak ada rincian lebih lanjut mengenai mobil eksotis yang satu ini. Namun model yang akan datang kelak diharapkan muncul dengan mengusung mesin V10 dengan kapasitas 5,2 liter yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 570 HP (425 kW), jika tidak maka mobil ini tidak akan memiliki perbedaan yang signifikan dengan para pendahulunya.