Jaman Serba Internet, Taksi Ikut-Ikutan Pasang Wifi


Tags: , ,

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini kebutuhan masyarakat Tanah Air akan koneksi internet sudah menjadi begitu tinggi. Setiap orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semuanya telah menganggap bahwa internet merupakan barang wajib yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Maraknya pengguna internet di Indonesia rupanya didukung pula dengan begitu banyaknya fasilitas gratis yang mempermudah setiap orang dalam mengakses internet. Salah satu fasilitas gratis yang saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang terutama anak muda adalah fasilitas Wi-fi. Dengan memanfaatkan fasilitas tersebut, para pengguna internet bisa mendapatkan akses ke dunia maya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Asiknya lagi, sekarang fasilitas Wi-fi sudah tersebar dimana-mana bak jamur. Mulai dari pusat-pusat perbelanjaan hingga kafe-kafe kecil sekalipun semuanya sudah dipasangi Wi-fi.

Namun bagaimana jadinya bila fasilitas Wi-fi dipasangkan pada sebuah taksi ? Rupanya ide unik ini telah diwujudkan oleh beberapa pihak yang terdiri dari Huawei, Intertec dan Telkomsel yang bekerja sama dengan salah satu armada taksi yang beroperasi di wilayah Jabodetabek. Mereka tergerak untuk memberi kemudahan bagi para penumpang taksi yang ingin mengakses internet meskipun sedang berada di kondisi dalam perjalanan.

Adapun taksi yang dipasangi fasilitas Wi-fi tersebut adalah armada taksi Express Group. Setidaknya ada sekitar 400 unit taksi Express yang telah dipasangi fasilitas gratis wifi tersebut, dan manfaatnya bisa langsung dirasakan mulai dari hari ini juga. Rencananya program ini akan berlangsung selama 6 bulan dan baru dikonsentrasikan di daerah Jabodetabek saja.

Adapun akses Wifi yang tersedia di taksi Express tersebut dapat terjadi berkat menggunakan modem mini keluaran Huawei, WiFi E5220. Di mana perangkat dapat beroperasi hanya dalam waktu lima detik yang bisa diakses hingga 10 perangkat. Pemasangan modem Huawei dan koneksi data dari Telkomsel ke ratusan Taksi Express sendiri dilakukan oleh Intertec.

Untuk mengetahui taksi Express yang telah dipasangi fasilitas Wi-fi juga terbilang mudah. Calon penumpang dapat mengetahuinya dengan cara melihat bagian belakang taksi yang telah dipasangi stiker khusus bertandakan wifi. Rencananya nanti letak pemasangan stiker akan dipindah ke bagian samping mobil, agar lebih mudah terlihat. Jika program ini mendapat respon positif, besar kemungkinannya program ini akan diperpanjang. Bahkan tidak menutup kemungkinan pula jika nantinya jumlah armada taksi yang dipasangi fasilitas gratis Wi-fi tersebut ditambah lagi jumlahnya.