Inikah Calon Macan Porsche yang Paling Galak ?


Tags: ,

Beberapa waktu yang lalu, CEO Porsche yakni Matthias Mueller pernah mengungkapkan sebuah berita terkait rencana Porsche yang akan menghadirkan varian Macan dengan performa tinggi. Varian Macan yang dimaksud tak lain adalah Porsche Macan GTS.

Versi GTS sendiri bisa dibilang sudah menjadi tradisi bagi Porsche. Biasanya mobil Porsche yang keberadaannya sudah diakui dan dapat diterima oleh konsumen, akan dibuatkan tipe GTS-nya sebagai varian tertinggi. Selain itu, hal ini juga sekaligus dimaksudkan untuk menambah pilihan bagi konsumen yang masih merasa kurang dengan varian standarnya.

Saat ini Porsche Macan yang telah dikenalkan pada publik baru tersedia dalam 3 tipe. Diantaranya yaitu Macan S, Macan S Diesel dan Macan Turbo. Mobil crossover yang konon banyak digandrungi oleh para eksekutif muda itu terbukti sukses di pasaran, dan membuat Porsche meraup untung besar. Dengan kondisi seperti itu, rasanya bukan hal mustahil jika kelak Porsche mengeluarkan Macan tipe GTS pula. Sayangnya hingga saat ini informasi tentang hal itu masih sangat minim, bahkan ada yang berpendapat kalau Porsche Macan GTS itu tidak ada dan masih sebatas wacana saja.

Baru-baru ini kabar yang cukup mengejutkan datang dari Inautonews. Blog Otomotif dari Italia itu menerbitkan foto yang memperlihatkan sebuah mobil dengan emblem Porsche di kap mesinnya. Inautonews meyakini, mobil di dalam foto itu adalah Porsche Macan tipe GTS yang tengah di uji coba di bagian utara negara Italia.

Jika benar demikian, itu artinya realisasi Porsche Macan GTS sudah semakin dekat dan bukan sekedar isapan jempol belaka. Dengan begitu mobil ini bisa saja menjadi senjata baru Porsche untuk mendobrak pasar SUV kelas medium.

Bicara urusan spesifikasi mesin, belum diketahui secara pasti mesin apa yang nantinya bakal digunakan Porsche Macan GTS. Namun bila merujuk pada Boxster GTS, banyak yang memprediksi kalau Macan GT bakal dibekali mesin enam silinder segaris dengan kapasitas 3,4 liter. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan transmisi PDK sebagai opsional itu bisa membuat Porsche Macan GTS menghembuskan tenaga hingga 330 hp (243 kW) dengan torsi 370 Nm (273 lb-ft).