Honda PCX 150 Lebih Gaya, Lebih Hemat dan Lebih Irit BBM


Tags: ,

Honda Thailand baru saja meluncurkan versi penyegaran (facelift) untuk skutik bongsornya yakni Honda PCX 150. Ini merupakan kemunculan varian PCX series yang kedua tahun ini, setelah sebelumnya Honda Vietnam juga meluncurkan motor yang sama namun beda tipe yakni PCX 125 yang mengusung mesin dengan kapasitas lebih kecil yaitu 125 cc.

Secara umum, Honda PCX 150 Thailand memiliki tampang yang tidak berbeda jauh dengan Honda PCX 125 Vietnam. Skutik premium ini mendapat beberapa perubahan desain dan tambahan fitur demi memenuhi permintaan konsumen yang ingin agar PCX terbaru bisa tampil lebih fresh. Di sektor mesin, Honda PCX 150 masih tetap mengandalkan mesin lama yakni 153cc, 1-silinder, SOHC, PGM-FI. Dengan mesin tersebut, Honda PCX 150 bisa menyemburkan daya hingga 13,4 hp dan torsi 14 Nm. Akselerasi 0-50 km/jam dapat ditempuh dalam 4,9 detik dengan kecepatan maksimal mencapai 100 km/jam.

Setelah Thailand, rencananya Eropa akan menjadi negara berikutnya yang mendapat jatah Honda PCX 150 terbaru. Besar kemungkinan PCX baru ini sengaja diluncurkan untuk menghadapi Vespa Primavera (pengganti Vespa LX). Yang menarik, Honda PCX 150 Thailand ini diklaim mengusung beberapa kelebihan dibanding versi sebelumnya. Mau tahu ? Berikut ini diantaranya :

Honda PCX 150 Lebih Gaya

Untuk menunjang gaya, desain bodi PCX 150 dibuat dengan garis-garis tegas sehingga membuatnya terlihat lebih ramping. Selain itu ukuran kantung kiri di belakang fairing juga turut diperbesar. Honda PCX facelift juga akan dilengkapi jam yang diletakan di panel instrumen. Kemudian untuk memudahkan penggunanya mendapatkan sumber listrik untuk ponsel atau gadget, disediakan pula slot adaptor AC 12 volt pada fairing untuk mengisi ulang baterai gadget.

Honda PCX 150 Lebih Hemat Listrik

Honda PCX 150 terbaru telah mengadopsi sistem pencahayaan menggunakan LED dan pengaplikasian lampu Hazard. Dengan begitu maka membuatnya jauh lebih hemat listrik karena kinerja mesin tidak terlalu berat. Fungsi idling stop kabarnya juga mendapat pembaharuan untuk menghindari penggunaan daya listrik yang berlebihan. Mesin secara otomatis akan mati setelah 3 detik berhenti dan langsung menyala lagi setelah throttle diputar.

Honda PCX 150 Lebih Irit BBM

Honda mengklaim kalau PCX 150 model terbaru bakal lebih irit BBM ketimbang versi pendahulunya. Pasalnya skutik premium ini menggunakan ban dengan gaya gulir rendah (low rolling resistance), dan menerapkan sistem pengurangan friksi mesin.

Kapasitas tangki bensin naik dari 6 liter menjadi 7,9 liter, dengan begitu maka jarak tempuh untuk sekali isi tanpa idling stop system (ISS) bisa mencapai 372 km untuk PCX 125 dan 347 km untuk PCX 150. Tanpa ISS, konsumsi BBM PCX 150 diklaim sanggup mencapai 43,37 km/liter, sedangkan PCX 125 lebih tinggi yakni 46,5 km/liter.