Honda N One Retro Modern


Tags: ,

Setelah sebelumnya kita dapat melihat kelahiran kembali dari Nissan dengan mobil mininya. Kali ini The Honda Club akan kembali membahas tentang mobil imut keluaran pabrikan Honda. Sebuah mobil mungil yang mengusung tema retro dan merupakan pengembangan desain dari mobil kecil Honda N360 yang dulu pernah dipasarkan pada tahun 1967 serta kelanjutan dari Honda N Concept 4 yang tampil perdana pada pameran Tokyo Motor Show. Mobil ini diberi nama Honda N-One. Penasaran tentang mobil ini ? Mari kita ulas lebih jauh berdasarkan informasi resmi yang telah dikeluarkan oleh Honda.

EKSTERIOR

Dari luar sepertinya mobil ini dibuat mirip dengan Honda N360 dan dipadukan dengan desain modern. Honda hanya melakukan sedikit perubahan di sektor eksteriornya. Lampu utama N-One tetap memiliki desain yang berbentuk lingkaran untuk memperkuat kesan klasik pada mobil. Hal yang membedakan dengan versi konsepnya adalah gril yang berukuran lebih besar, dan lampu kabut yang kini juga berbentuk lingkaran. Mobil kecil ini semakin terlihat menarik berkat penggunaan kelir berwarna hitam pada bagian moncongnya.

Dari samping tidak terlihat perbedaan yang banyak antara versi konsep dan produksi. Honda hanya mendesain ulang kaca spion luar sehingga memiliki ukuran yang proposional dan pelek berukuran 14 inci yang berbeda untuk setiap tipenya. Untuk atapnya, jika Anda memilih tipe Premium Tourer makan akan mendapatkan warna atap yang berbeda dengan warna badan kendaraan.

Sedangkan untuk varian G dan Premium hanya mendapatkan atap yang sewarna dengan body mobil. Sementara itu untuk bagian belakangnya, mobil mungil ini memiliki desain yang simpel. Lampu rem LED yang berbentuk lonjong mengelilingi lampu sein dan lampu mundur.

INTERIOR

Untuk interiornya, N-One memiliki desain yang simpel dan klasik. Ini terlihat dari kisi-kisi AC dan panel instrumen yang hadir dengan desain membulat. Tombol-tombol pengoerasian dan tuas transmisi otomatis tertata rapih pada bagian kokpit tengah. Untuk tipe Premium Tourer pihak pabrikan menambahkan beberapa tombol pada setirnya.

Honda menjamin Honda N One dapat memberikan kenyamanan bagi 4 penumpang dewasa. Walaupun memiliki dimensi yang cukup kecil, Honda mengklaim N-ONE dapat memberikan ruang yang nyaman walaupun diisi dengan 4-penumpang dewasa. Selain itu kabin juga telah direkayasa sehingga kedap suara. Suspensinya dipastikan menawarkan kenyamanan kepada semua penghuni kabin.

FITUR

Untuk fitur keselamatan, mobil mungil ini cukup lengkap, yaitu sudah dilengkapi dengan Emergency Stop Signal (ESS), VSA (Vehicle Stability Assist), HSA (Hill Start Assist) ), Pedestrian Injury Migration Body, dan juga Airbag samping. ESS merupakan fitur pertama di kelasnya, di mana lampu lampu hazard menyala secara otomatis ketika Anda mengerem secara mendadak sehingga memberikan peringatan kepada pengemudi mobil di belakang Anda. Sebagai tambahan, fitur konsumsi BBM-nya juga sangat menarik yakni 27 km per liter, ini artinya konsumsi bahan bakarnya terbilang irit.

VARIAN & WARNA

Mobil ini hadir dalam 2 jenis varian, yaitu Honda NBOX dan Honda N BOX+. Untuk mobil keluaran terbarunya ini, Honda telah melengkapi trim kelas premium dengan 16 pilihan warna dengan 5 variasi kombinasi gaya seperti pilihan warna atap dan body yang berbeda

MESIN

Honda memasang mesin bensin tiga silinder dengan kapasitas 660cc DOHC (naturally aspirated ) dan 660cc DOHC Turbo (turbocharged). dengan versi kedua yang terhubung ke CVT yang dapat mengirimkan daya ke roda depan (sistem FWD : front-wheel-drive) atau ke semua penggerak roda (AWD : all-wheel-drive). Dan kabarnya mesin turbo Honda N One ini diklaim sepadan dengan mesin 1,3 liter. Sementara konsumsi BBM untuk tipe 2WD non-turbo diklaim 27 km/liter.

HARGA

Honda N-ONE dijual di Jepang dengan harga dari 1.150.00o Yen atau sekitar Rp 243 juta-an, sedangkan untuk tipe teratas N-ONE ini berharga 1.707.750 Yen atau Rp 312 juta-an.

Walaupun saat ini Honda N-One hanya dijual untuk pasar Jepang, namun rencananya mobil ini juga akan dipasarkan secara global, terutama untuk pasar Eropa dan mungkin akan bersaing dengan Fiat 500. Dengan prestasi yang fenomenal dari Honda selama ini rasanya tidak menutup kemungkinan jika kelak mobil ini bisa sukses di pasaran.