Honda Mobilio Jadi Mobil Terbaik Tahun Ini


Tags: ,

Belum genap satu tahun dijual di Indonesia, namun Honda Mobilio sudah dianugerahi gelar sebagai mobil terbaik (Car of The Year 2020) versi OTOMOTIF Award 2020. Ajang penganugerahan penghargaan yang digagas oleh Tabloid Otomotif itu digelar di Taman Ismail Marzuki – Jakarta, tepatnya hari Kamis, 27 Maret 2020 lalu.

Sebagai mobil terbaik tahun ini, Honda Mobilio telah mengalahkan mobil-mobil lain di kelas yang sama (segmen MPV), sekaligus menyingkirkan 81 mobil lainnya yang mengisi kelas-kelas berbeda.

Tak hanya mengamankan gelar sebagai Car of The Year 2020 saja, Honda Mobilio juga mendapat 3 penghargaan untuk kategori lainnya yang terdiri dari : Best of the Best MPV, Best Low MPV, dan juga Otoneters Car Favorite.

Tomoki Uchida yang bertindak sebagai President Director PT Honda Prospect Motor mengungkapkan, predikat sebagai Car of the Year untuk Honda Mobilio ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pihak Honda. Pun demikian, penghargaan sebagai mobil terbaik ini tak akan membuat mereka terlena, melainkan justru menjadi sebuah motivasi untuk terus memberikan produk-produk Honda yang terbaik untuk para konsumen Indonesia.

“Penghargaan untuk Honda Mobilio sebagai mobil terbaik di Indonesia ini sangat berarti karena Honda Mobilio merupakan model pertama yang dikembangkan Honda khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Komitmen Honda untuk menghadirkan mobil keluarga dengan banyak kelebihan dan banyak keunggulan terbukti telah diterima dengan sangat baik melalui penghargaan maupun angka penjualan yang diraihnya sampai saat ini,” kata Tomoki Uchida.

Selain Honda Mobilio, mobil Honda lainnya juga mendapat penghargaan yang tak kalah bergengsi. Diantaranya yaitu Honda Odyssey yang didapuk gelar sebagai Best Large MPV. Lalu Honda Brio Sport 1.3L yang mendapat gelar sebagai Best City Hatchback.

Sekilas Tentang Honda Mobilio
Honda Mobilio resmi pertama kali dijual di Indonesia pada bulan September 2013, namun pengirimannya sendiri baru dilakukan pada 25 Januari 2014. Mobil Honda yang satu ini mengisi kelas sebagai mobil LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), dan menjadi musuh berat bagi Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga.

Honda Mobilio memiliki kabin yang lapang, ruang kargo yang luas dan desain eksterior yang sedap dipandang mata. Tak itu saja, mobil ini juga telah didukung high ground learance dan mesin yang bertenaga tapi tetap hemat bahan bakar.

Pada bulan Februari 2020, Honda Mobilio telah terjual sebanyak 16.241 unit, yang mengantarkannya sebagai mobil paling laris kedua di pasar Low MPV Indonesia. Jika ditotal, hingga saat ini sebanyak 17.749 unit Honda Mobilio telah sampai ke tangan konsumen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan penjualan yang memukau tersebut, bulan Februari kemarin Honda Mobilio meraih pangsa pasar sebesar 12 persen di kelasnya. Padahal di luar angka penjualan itu permintaan untuk Honda Mobilio juga masih sangat tinggi dengan angka pemesanan yang kabarnya lebih dari 200.000 unit.

Sekilas Tentang OTOMOTIF Award
OTOMOTIF Award adalah ajang pemilihan mobil-mobil terbaik dari tahun ke tahun, melalui sederet pengujian yang telah dilakukan oleh Tabloid OTOMOTIF selama periode April 2013 – Februari 2014. Kriteria penilaian terdiri dari 6 aspek, mulai dari handling, kenyamanan, performa mesin, harga, fitur dan style atau desain. Selain itu didukung pula dengan nilai kebaruan yang ditawarkan dari kendaraan tersebut.

Otomotif Awards ditujukan untuk memberi pengakuan terhadap produk dan kalangan yang berhubungan dengan industri otomotif seperti produsen mobil, komunitas dan event organizer.

Berikut ini daftar lengkap mobil yang mendapat penghargaan Otomotif Award 2014:

CAR OF THE YEAR: Honda Mobilio
Rookie of The Year: Daihatsu Ayla
Best Engine: Toyota 1NZ-FE
Positivity Award: Daihatsu Xenia
Best of The Best SUV: Mazda CX-5 2.5 Skyactiv
Best of The Best Van: All New Nissan Serena
Best of The Best MPV: Honda Mobilio
Best of The Best Hatchback: All New Ford Focus 2.0 Hatchback
Best of The Best Sedan: All New Ford Focus 2.0 Sedan
1. Best LCGC: Suzuki Karimun Wagon R

2. Best Small Sedan: All New Toyota Vios

3. Best Mid Sedan: All New Ford Focus 2.0

4. Best Full Sedan: New Mazda6

5. Best City Hatchback: Honda Brio 1.3

6. Best Small Hatchback: All New Suzuki Swift

7. Best Mid Hatchback: New Ford Fiesta Sport 1.5L

8. Best High Hatchback: All New Ford Focus 2.0 Hatchback

9. Best Premium Hatchback: Mercedes-Benz A-Class

10. Best Small MPV: Honda Mobilio

11. Best Mid MPV: All New Kia Carens

12. Best Large MPV: All New Honda Odyssey

13. Best Small Van: New Nissan Evalia

14. Best Mid Van: All New Nissan Serena

15. Best Small SUV: Nissan Juke

16. Best Mid SUV Gasoline: Mazda CX-5

17. Best High SUV gasoline: Mazda CX-5 2.5 Skyactiv

18. Best SUV Premium: Mercedes-Benz ML350

19. Best Mid SUV diesel: All New Kia Sorento A/T Diesel

20. Best High SUV Diesel: Mercedes Benz ML250 CDI

21. Best Double Cabin: All New Ford Ranger 2.2 XLT