Honda CR-Z – Mobil Hybrid Dibalut Gaya Sporty


Tags: ,

Pada gelaran Indonesia International Motor Show 2012 lalu, New CR-Z membuat World Premiere untuk pertama kalinya di Indonesia. Selama gelaran IIMS 2019, New CR-Z berhasil mencatat booking sebanyak 500 unit dalam waktu 11 hari.

Khusus selama Pameran Otomotif 2019 berlangsung, konsumen dapat melakukan booking New Honda CR-Z dengan harga On The Road Jakarta, yaitu Rp. 475.000.000 untuk tipe 6 percepatan manual (M/T) dan Rp. 489.000.000 untuk tipe CVT, ditambah biaya pengiriman ke daerah serta selisih biaya BBN dan pengurusannya di daerah masing-masing. Lalu apa sih yang menarik dari mobil sport hybrid milik Honda yang satu ini ? Mari kita ulas Review New Honda CR-Z :

 

EKSTERIOR

Melihat sekilas tentu anda akan setuju jika New Honda CR-Z Facelift ini tampil dengan banyak perubahan yang membuatnya terlihat tidak hanya lebih sporty namun juga lebih smart dibandingkan model sebelumnya. Ubahan tersebut dapat terlihat pada desain baru Front Grill, Front Bumper, Fog Lamp, Door Mirror, Headlight, Rear Combination Lamp, 17 inch Alloy Wheel dan Rear Diffuser. Selain itu New CR-Z juga menggunakan HID light pada bagian depan dan juga LED Stop Lamp pada bagian belakangnya sehingga makin menambah kesan sporty.

INTERIOR

Pada bagian interior pun tidak luput dari perubahan. Interior New CR-Z tampak lebih ergonomik, nyaman, dan memancarkan aura sport yang kental. Memiliki presisi yang tinggi dilihat dari bentuk kursi depan sedangkan bagian belakang didesain untuk multi fungsi kargo bagi pengendara. Jok New Honda CR-Z kali ini menggabungkan dua tone color yang sporty yaitu berwarna hitam dan merah. Instrumen panel tachometer New CR-Z pada dashboard menampilkan tiga bias cahaya yang dihasilkan pada saat mobil berakselerasi, yaitu; biru, merah, dan hijau sesuai tiga moda pengendalian pada New CR-Z (Normal, Sport, dan ECON).

DAPUR PACU

New Honda CR-Z 2013 Facelift mengusung mesin i-VTEC 1.5 liter yang dipadu dengan teknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA). Performa mesin Honda CR-Z ini mampu menyemburkan 118 hp pada putaran mesin 6.600 rpm untuk tipe transmisi CVT. Sementara untuk tipe transmisi manual 6 percepatan mampu menghasilkan daya maksimal 120 hp pada putaran mesin 6.600 rpm .

Peranti IMA pada New CR-Z ini dilengkapi dengan baterai bertenaga 144 volt yang mampu menghasilkan tenaga hinga 20 hp. Dengan demikian maka total tenaga kombinasi New Honda CR-Z 2013 Facelift ini adalah 140 hp dengan torsi total 190 Nm pada putaran 1,000 – 2,000 rpm untuk versi manual dan 138 hp dan torsi total 172 Nm antara putaran 1,000 – 3,000 rpm untuk transmisi CVT.

Saat mobil berakselerasi kedua mesin bekerja bersamaan namun pada saat melakukan manuver pengereman, daya yang dihasilkan oleh mobil disimpan pada peranti IMA berupa energi kinetik sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit.

FITUR

New Honda CR-Z menampilkan tiga mode pengendaraan, yaitu Normal, Sport, dan ECON. Mode Normal cocok digunakan untuk kondisi sehari-hari. Mode Sport untuk sensasi berkendara yang lebih responsif dan menghasilkan akselerasi yang lebih bertenaga dan kesan ‘Fun to Drive’ bagi siapapun yang menaikinya.

Sementara pada ECON Mode, kinerja mesin disesuaikan untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Sehingga konsumsi BBM dapat ditekan menjadi lebih irit. Pengemudi dapat memilih Mode yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya.

Fitur Eco Assist akan memandu pengemudi untuk mencapai gaya berkendara yang efisien pada bahan bakarnya. Cahaya di seputar speedometer dapat berubah dari warna biru menjadi warna hijau jika pengendaraan yang efisien dapat dicapai. Sementara itu fitur Cruise Control membantu pengendara berakselerasi dengan kecepatan konstan untuk kenyamanan.

Selain tiga model tersebut, New CR-Z juga dilengkapi dengan fitur baru yaitu Plus Sport System. Fitur ini akan mengatur kerja mesin dan motor listrik secara maksimal untuk menambah daya dan performa yang lebih responsif.

New CR-Z menawarkan pilihan transmisi otomatis dengan teknologi Continuosly Variable Transmition (CVT) dan transmisi manual 6 percepatan (6 MT). Selain itu, New CR-Z juga dilengkapi dengan fitur lainnya untuk menunjang performa dalam berkendara seperti Paddle Shift.

Untuk mendukung fitur sistem keselamatan, New Honda CR-Z juga telah dilengkapi oleh berbagai fitur keamanan dan keselamatan. Untuk fitur keamanan, New Honda CR-Z juga telah dilengkapi Immobilizer dan Security Alarm. Sementara untuk fitur keselamatannya, mobil ini telah dilengkapi oleh sistem rem ABS + EBD dan BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Active Headrest, Dual SRS Air Bag, Side Airbag dengan OPDS (Occupant Position Detection Sensor) dan Side Curtain Airbag.

HARGA dan WARNA
Rencananya, kelak New Honda CR-Z akan ditahadirkan dalam beragam macam pilihan warna yang antara lain yaitu Premium Northern Lights Violet Pearl dan Premium Energetic Yellow Pearl sebagai dua warna baru, kemudian juga ada Premium White Pearl, Crystal Black Pearl, dan Milano Red.

Untuk urusan harga memang tidak terlalu jauh dengan harga mobil lain di kelasnya, New CR-Z transmisi manual ditawarkan dengan harga Rp 485 juta dan New CR-Z transmisi CVT dengan harga Rp 499 juta.