Honda All New CRV – Gaya Premium dipadu Segudang Fitur Canggih


Tags: ,

Honda All New CR-V. Sebuah SUV car yang banyak membuat orang terkesima dengan beragam kelebihan yang dimilikinya. Pada kesempatan kali ini The Honda Club akan mengulas Honda All New CR-V – Gaya Premium dipadu Segudang Fitur Canggih.

Eksterior

Pada variannya kali ini Honda benar-benar memberikan desain yang patut diacungi jempol. Mengusung gaya yang sporty namun tidak meninggalkan kesan sylish dan modern benar-benar membuat mobil ini cocok untuk dikendarai berbagai kalangan.

Dari depan, tambahan pada All New CR-V yang kerap menjadi bahan perhatian banyak orang karena membedakannya dengan varian yang sebelumnya terletak pada bumper depan yang tampil lebih gagah , Chrome Front Grill dengan bentuknya yang meruncing, dan desain aplikasi headlamp yang konon katanya dapat mengonsumsi energi lebih minim, tapi bercahaya lebih baik ketimbang halogen. Lihat juga pada garis desain bodinya yang tampak sangat tegas.

Dari samping, styling All New CR-V makin modern dan meninggalkan kesan Jip seperti versi-versi sebelumnya dengan pilar kaca yang lebih lebar. Perbedaan versi 2.0 dan 2.4 terlihat dengan lapisan krom pada handel pintu dan aplikasi pelek 18 inci pada varian 2.4. Sedangkan 2.0 cukup memakai handel sewarna bodi dan pelek 17 inci.

Dari Belakang, kesan tegas dan berkesan lebar tampak dari rear lamp yang memanjang di pilar dan membesar di bagian bawah. Namun menurut kami ada lengkungan pada sisi buritan yang sepertinya tampak agak kurang wajar.

Interior dan Beragam Fitur Canggih

Kesan mewah langsung bisa kita dapatkan ketika melongok ke dalam kabin All New CR-V. Mulai dari nuansa dashboard dengan sentuhan Wooden, serta beberapa kemudahan yang disajikan melalui fitur-fitur serba canggih seperti Smart Key System (memudahkan pengemudi untuk membuka kunci kendaraan), AC otomatis dengan zona ganda, Heat Rejecting Green-Tinted Glass, 8 posisi pengaturan kursi secara elektrik, One Push Ignition Button – tombol yang memudahkan untuk menyalakan atau mematikan mesin kendaraan hanya dengan sekali sentuh, serta Cruise Control yang memungkinkan pengendara dapat melaju tanpa perlu menginjak pedal gas terus menerus.

Lihat juga kecanggihan fitur lainnya pada Intelligent-Multi Information Display yang dilengkapi dengan layar warna 5 inch yang mudah dipantau untuk menampilkan berbagai informasi seperti konsumsi bahan bakar, odometer, tripmeter, suhu udara luar, pengaturan audio dan sistem keamanan kendaraan, hingga menampilkan foto-foto personal sebagai Wallpaper. Dan semua fungsi tersebut dapat dikendalikan langsung hanya dari setir.

Dari sisi hiburan, mobil ini dilengkapi dengan Integrated Audio System untuk memutar lagu dari CD, USB, serta kompatibel dengan iPod & iPhone. Sistem Audio ini juga dilengkapi fitur SVC (Speed-sensitive Volume Compensation) yang menyesuaikan volume dengan kecepatan kendaraan secara otomatis.

Ada juga One Action Seat Arrangement yang memberikan kemudahan dalam pengaturan tempat duduk baris kedua. Sekali tarik tuas belakang, maka kursi langsung terlipat rapih dan keadaan kabin menjadi lebih luas. Sangat cocok jika kita membutuhkan ruang tambahan untuk mengangkut barang bawaan yang banyak.

Untuk fitur ekselamatan, mobil ini dilengkapiPretensioner & Load Limiter Seat Belt, Neck Shock Mitigation Seat yang berfungsi mengurangi cedera pada leher, serta Whiplash Mitigation Seat untuk mengurangi efek benturan pada punggung.

Juga dilengkapi dengan Motion Adaptive EPS & Vehicle Stability Assist (VSA) yang berfungsi untuk membantu pengemudi mengontrol kendaraan dan mendeteksi terjadinya gejala oversteer maupun understeer saat berjalan di tikungan atau permukaan jalan yang licin.

Dapur Pacu

Dari balik balik kap mesin, All New Honda CR-V masih mengusung jantung tenaga berkapasitas 2,0 liter SOHC i-VTEC dan 2.4 liter DOHC i-VTEC.

Mesin 2.4 liternya menghasilkan tenaga sebesar 190 PS pada 7.000 rpm, meningkat 20 PS dibanding model sebelumnya. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 221 NM pada 4.400 rpm.

Untuk varian mesin 2.0 liter menghasilkan output maksimum 155 PS pada 6.500 rpm, atau meningkat 5 PS dibandingkan model sebelumnya, dengan torsi 190 Nm pada 4.300 rpm.

Untuk varian 2.4 liter hanya menawarkan transmisi otomatis 5 percepatan sedangkan tipe 2.0 liter tersedia dua pilihan transmisi manual 6 percepatan maupun 5 otomatis. Meski begitu semua varian All New CR-V didukung teknologi Drive By Wire (DBW), sistem elektronik yang mengatur buka tutup throttle valve dan menghasilkan akselerasi presisi namun tetap hemat bahan bakar.

Efisiensi Bahan Bakar

Untuk semakin mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, terdapat fitur ECON Mode yang terdiri dari ECO AssistTM dan ECON Button.

ECO AssistTM memberikan petunjuk untuk menghemat bahan bakar saat berkendara. Cara pengendaraan akan diukur dan hasilnya ditampilkan secara aktual pada indikator warna yang berubah menjadi hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien.

ECON Button merupakan mode pengendaraan yang diaktifkan melalui teknologi pintar untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen (tergantung kondisi jalan dan cara berkendara), dimana sistem Drive By Wire melakukan penyesuaian secara bertahap, begitu pula dengan perpindahan transmisi dan pengoperasion ACyang bekerja secara efisien.

Performa

Mesinnya halus sehingga memberikan suasana senyap dan nyaman di dalam kabin. Ketika mesin dinyalakan, ruang kabin memang tetap senyap. Coba jajal 0-100 km/jam dan tuntas dalam 10,4 detik, bahkan pada akselerasi pertengahan sama sekali tak terasa kesan mesin dipaksa. Semuanya berlangsung halus, lembut dan hening.

All New CR-V juga menyediakan pilihan transmisi otomatis 5-speed berfitur Grade Logic Control untuk mengatur perpindahan gigi yang efisien pada tanjakan dan turunan, serta Shift Hold Control untuk meminimalisir pergantian berlebihan saat berkendara di jalan berliku. Dengan adanya kontrol kestabilan serta hill start assist maka kita tidak perlu kuatir mobil bergerak mundur saat sedang macet di tanjakan. Karena begitu melepas rem, mobil akan tetap ditahan lajunya sampai kita menginjak gas kembali.

Bantingannya juga terasa lebih lembut dari varian sebelumnya. Dengan setir lebih enteng serta posisi mengemudi ergonomis dengan jok elektrik, membuat aksi mengemudi menjadi lebih menyenangkan dan nyaman.

Harga

Ada 4 tipe All New CR-V yang ditawarkan oleh HPM. Berikut ini daftar harga All New CR-V baru per Oktober 2012 :

All New CR-V 2.0L i-VTEC A/T : 370

All New CR-V 2.0L i-VTEC M/T : 359

All New CR-V 2.4L i-VTEC A/T : 404

All New CR-V 2.4L i-VTEC A/T Prestige : 423 juta (Sudah ditambah aksesoris berupa audio system bermonitor touchscreen 6,1 inci, sistem navigasi, rear parking camera, tail gate spoiler, exhaust pipe finisher, dan fog light garnish)

Mengingat model, kemudahan, tampilan desain serta banyaknya kecanggihan teknologi yang diusung Honda untuk SUV keluarannya kali ini maka berapapun harga yang ditawarkan oleh Honda sepertinya sangat layak untuk diterima. Namun bukan berarti mobil yang satu ini tidak memiliki saingan di kelasnya. Mazda CX-5, Mitsubishi Outlander Sport, Hyundai Tucson New Package dan KIA Sportage Platinum mungkin akan menjadi pesaing yang cocok. Namun persaingan yang paling ketat mungkin akan terjadi dengan Nissan X-Trail di kelas Medium SUV. Kita tunggu saja kabar berikutnya.