Harley Davidson Topper Scooters


Pernah kebayang gak sih kalau ternyata produsen motor gede Harley Davidson Motor Company pernah memproduksi motor skuter. Pada tahun 1960, produsen asal Amerika Serikat tersebut memproduksi skuter yang diberi nama Harley Davidson Topper.

Kala itu Harley Davidson Motor Company sengaja mengeluarkan Topper karena pada tahun akhir 1950-an merupakan era jaya skuter di Amerika Serikat. Sayangnya usia Topper hanya bertahan 5 tahun sebelum akhirnya popularitas motor skuter tergilas oleh motor-motor buatan Jepang.

Dilihat sekilas, tidak akan ada yang menyangka kalau skuter ini adalah buatan Harley Davidson jika tidak ada logo HD yang terpampang di bagian depan. Tampilannya sangat sederhana dengan bodi yang terbilang ramping namun memanjang. Yang menarik, meski di jaman itu kebanyakan skuter menggunakan besi sebagai bahan untuk bodinya, namun Topper justru sudah memanfaatkan bahan campuran fiber untuk bodi dan cover mesinnya. Alhasil Topper memiliki bobot yang terbilang ringan dibanding skuter buatan Piaggio di kala itu.

Di bawah tempat duduknya tersedia ruang penyimpanan yang cukup besar, tapi jika itu masih kurang cukup maka juga ada rak bagasi yang tersedia. Beberapa tambahan aksesoris juga ditambahkan untuk skuter ini, mulai dari sespan untuk membawa tambahan penumpang, kaca depan dan sandaran jok untuk penumpang.

HD Topper memiliki rem tromol 5 inci di roda depan dan belakang. Rem depan dioperasikan dengan tuas rem dengan sistem parking brake lock, sementara rem belakang dikontrol lewat pedal seperti Vespa.

Motor skuter buatan Harley Davidson ini dibekali mesin 2-tak 165cc dan dilengkapi dengan transmisi otomatis yang kala itu disebut Scootaway Drive. Tenaga yang mampu dihasilkan skutir ini hanya terbatas hingga 5 hp (3.7 kW). Uniknya, HD tak menambahkan kipas seperti di mesin skuter lain. Sebagai tambahan pendinginan, HD meletakan mesin secara horizontal di titik lebih rendah untuk mendapat hembusan udara lebih baik di kolong mesin.