Fitur Unggulan Honda Brio Satya


Tags: ,

Honda Brio Satya adalah jagoan Honda untuk masuk ke segmen mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) berjenis city car. Inden Honda Brio Satya sudah dibuka sejak bulan September lalu, dan terbukti pesona dari Satya telah berhasil menarik minat masyarakat yang rupanya begitu antusias untuk bisa membawa mobil murah Honda yang satu ini ke garasi rumah masing-masing.

Meskipun masuk dalam kategori mobil murah karena dijual dengan harga Rp 150 jutaan, namun Honda Brio Satya telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih layaknya mobil yang dijual seharga Rp 200 jutaan ke atas. Ini menarik karena selama ini Honda terkenal sebagai pencetak mobil yang harganya tidak masuk akal alias “kemahalan” dan tidak sesuai dengan apa yang didapat oleh konsumen. Penasaran ? Yuk kita lihat apa saja sih fitur unggulan Honda Brio Satya ini:

Fitur Unggulan Honda Brio Satya
1. Fitur Eksterior Baru
Dibanding Brio reguler yang sebelumnya sudah hadir lebih dulu, model ini tampil dengan berbagai penambahan fitur pada bagian eksteriornya. Fitur baru pada eksterior Honda Brio Satya antara lain meliputi : Fog Lamp dan Rear Wiper (tipe E), Body Colored Side Mirror (Tipe E & S), Body Colored Door Handle (Tipe E & S), 14” Alloy Wheel (Tipe E), Power Window, Rear Bumper Garnish (Tipe E), Rear Wiper (Tipe E), Fog Light (Tipe E), dan Tail Gate Spoiler.

2. Fitur Keamanan & Keselamatan
Belakangan ini konsumen Indonesia sudah makin cerdas. Karena itulah tak sedikit yang menganggap bahwa fitur keamanan & keselamatan merupakan salah satu barang wajib yang harus ada pada sebuah mobil yang ingin dibeli. Untungnya Honda Brio Satya telah menyediakan fitur keselamatan yang cukup mumpuni meskipun mobil murah Honda ini cuma dibanderol senilai Rp 100 jutaan saja.

Dual SRS Airbags & Pretensioner Seatbelt
Untuk menjamin keselamatan pengendaranya, Honda Brio Satya telah dibekali dengan Dual SRS Airbags dan sabuk pengaman dengan teknologi pretensioner (Pretensioner Seatbelt) dengan Load Limiter.

Struktur Bodi G-CON (G-Force Control Technology)
Struktur kerangka bodi mobil Brio Satya telah mengadopsi teknologi G-CON (G-Force Control Technology). Ini adalah teknologi yang mengaplikasikan baja dengan regangan tinggi di beberapa area bodi panel, ditambah dengan batang pelindung baja di setiap pintu yang memungkinkan penumpang tercegah dari kejadian terjepit rangka mobil dan terhindar dari cedera parah saat terjadi kecelakaan.

Teknologi G-CON ini telah melewati uji tabrakan keras dari depan dan hasilnya menunjukkan bahwa bagian hidung mobil Honda memang hancur. Tapi konstruksi kabin tetap utuh karena struktur rangka G-CON mampu menyerap dan mendistribusikan energi benturan sehingga meminimalisir penumpang dan pengemudi dari efek cedera akibat kecelakaan.

Mount Stop Lamp
Ini merupakan fitur standar Honda Brio Satya, berfungsi untuk memberikan sinyal pada kendaraan di belakang apabila terjadi pengereman.

Immobilizer
Dengan adanya immobilizer maka pemilik Honda Brio Satya dapat merasa lebih tenang karena tingkat keamanannya jauh lebih tinggi dan tidak memungkinkan pencurian mobil yang beroperasi dengan menggunakan kunci palsu atau penyalaan paksa.

3. Fitur Hiburan
Untuk masalah hiburan di dalam mobil, bisa dibilang Brio Satya telah menyediakannya dengan fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Mobil ini telah dilengkapi dengan Audio System Double Din AM/FM, Single Disc, MP3/WMA + Aux Input + USB Port + Made for iPod (Tipe E), . Khusus untuk Brio Satya tipe E dan S, beat musik akan terdengar lebih jelas melalui pengeras suara (speakers) yang dipasang pada bagian depan dan belakang mobil (Front + Rear Speakers).

4. Fitur Efisiensi BBM dan Pendukung Handling
Untuk mendukung performa Honda Brio Satya, beberapa teknologi terdepan juga telah dihadirkan untuk menambah kenyamanan berkendara serta efisiensi bahan bakarnya :

Fitur Drive by wire (DBW)
Fitur Drive by wire (DBW) pada Honda Brio Satya ini merupakan teknologi akselerasi yang digunakan untuk menggantikan sambungan mekanis yang menghubungkan pedal akselerasi dengan mesin. Dengan adanya teknologi ini maka akselerasi menjadi lebih halus dan irit bahan bakar.

Fitur Shift Hold Control
Fitur Shift Hold Control berfungsi untuk mengatur perpindahan transmisi secara terkomputerisasi dan terintegrasi saat berkendara di jalan penuh tikungan atau berliku.

Fitur Grade Logic Control
Fitur Grade Logic Control berfungsi untuk mencegah perpindahan gigi yang berlebihan pada jalanan yang berbukit. Sistem ini bisa “membaca” kondisi jalan sehingga posisi gigi dapat dipertahankan lebih lama.

Fitur Electric Power Steering (EPS)
Fitur ini berfungsi untuk membuat setir lebih ringan pada kecepatan rendah dan mantap pada kecepatan tinggi. Alhasil manuver menjadi lebih lincah namun tetap stabil di berbagai kondisi jalan.

5. Mesin Berkapasitas Besar
Honda Brio Satya menjadi pemegang mesin berkapasitas terbesar di kelas LCGC. Sebagai perbandingan, mesin mobil lain di kelasnya yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla menggunakan 3 silinder 12 katup dengan kapasitas 998 cc. Sementara Honda Brio Satya mengandalkan mesin i-VTEC SOHC 4-silinder 16 katup berkapasitas 1.198 cc. Dengan kapasitas mesin sebesar itu maka tak heran jika tenaga yang dihasilkan Honda Brio Satya terbilang lebih besar dibandingkan dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.