Cara Pasang Iklan Mobil dan Motor Bekas yang Baik dan Benar


Tags: ,

Dewasa ini ada begitu banyak media dan sarana baik yang gratis maupun berbayar, yang menyediakan tempat bagi orang-orang yang ingin memasang iklan jual mobil bekas di internet. Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki mobil atau motor bekas dan tertarik untuk menjualnya dengan cara tersebut, sebaiknya baca dulu beberapa tips berikut ini agar usaha Anda tersebut dapat berjalan secara efektif dan tidak sia-sia :

1. Butuh Komitmen yang Kuat

Sebelum Anda melangkah terlalu jauh, perlu ditekankan disini bahwa menjual mobil secara online adalah suatu proses yang membutuhkan banyak persiapan, penelitian dan hal-hal teknis lainnya yang harus dilakukan.

Jangan berpikir bahwa menjual mobil bekas secara online merupakan suatu hal yang gampang. Karena meskipun sekilas memang terlihat demikian, namun tanpa modal komitmen dan persiapan yang baik, memilih menjual mobil atau motor bekas Anda di internet hanya akan berakhir dengan keputus-asaan.

2. Tentukan Harga yang Tepat

Salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya iklan mobil dan motor bekas yang Anda buat adalah pemilihan harga yang sesuai. Pastikan Anda menemukan harga yang tepat dengan melihat dan mengecek seluruh kondisi mobil bekas yang ingin Anda jual.

Bandingkan juga dengan harga mobil dan motor serupa yang ada di pasaran. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi ataupun terlalu murah, usahakan saja untuk mematok harga yang kompetitif agar bisa memancing minat calon pembeli.

3. Gunakan Foto yang Tepat

Ini yang paling sering diabaikan oleh banyak orang ketika memutuskan untuk memasang iklan mobil serta motor bekasnya di internet. Terkadang foto dianggap remeh dan tidak terlalu penting. Padahal foto merupakan salah satu media paling mujarab untuk menjaring kesan pertama dari calon pembeli.

Meskipun kebanyakan transaksi jual-beli mobil dan motor tetap akan berakhir pada sebuah pertemuan langsung, namun seorang calon pembeli tidak akan tertarik untuk menghubungi Anda jika tampilan mobil atau motor yang ada di foto saja sudah tidak menarik hatinya sejak pandangan pertama.

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika Anda mengupload foto untuk iklan mobil serta motor bekas Anda di internet :

Usahakan gunakan kamera yang mampu memberikan hasil maksimal, karena sebagus apapun mobil arau motor bekas Anda jika difoto dengan kamera yang jelek tentunya akan terlihat jelek juga di mata calon pembeli. Misalnya saja : foto mobil dan motor terlihat buram atau warna cat mobil serta motor yang tidak terlihat dengan jelas dan mengesankan mobil / motor kurang terawat.
Ambillah foto sebanyak dan sedetail mungkin. Jangan hanya mengambil foto bagian depan mobil atau motor  saja atau bagian samping mobil dan motor saja, karena calon pembeli sering kali ingin melihat lebih jelas seperti apa kondisi mobil  serta motoryang diiincarnya sebelum menawarnya. Untuk itu, berikan foto-foto yang sekiranya dapat memenuhi rasa ingin tahu dari calon pembeli. Tunjukkan juga beberapa foto yang memperlihatkan kelebihan maupun kekurangan yang terdapat pada mobil dan motor Anda. Jika Anda berniat untuk menjual mobil atau motor secara tulus dan jujur, tentunya tidak perlu ada yang disembunyikan khan ?
Foto dengan resolusi yang tinggi memang cukup baik, karena konsumen dapat benar-benar melihat foto yang memiliki tampilan mendekati barang sebenarnya. Tapi perlu diingat juga kalau di luar sana, masih banyak pengguna internet yang komputernya masih lambat atau koneksi internet yang lelet. Jadi pastikan resolusi Anda masih dalam tahap sewajarnya saja. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah.
Jangan merekayasa foto ! Pasanglah iklan mobil atau motor bekas Anda dengan foto yang sebenar-benarnya tanpa ada sentuhan atau proses editing. Jangan menipu calon pembeli Anda karena dapat menyebabkan masalah dikemudian hari.

4. Berikan Deskripsi yang Tepat

Deskripsi yang menarik dan sesuai dengan mobil atau motor Anda dapat memancing minat para calon pembeli potensial. Deskripsi ini akan membantu menaikkan minat calon pembeli pada kendaraan Anda, karena mereka akan membandingkan dengan mobil atau motor lainnya yang juga dijual.

Karena itulah pastikan Anda memberikan deskripsi yang lengkap mulai dari data spesifikasi, merek, tipe, kelengkapan, warna, terakhir kali perawatan, tahun pembuatan, dll.

5. Gunakan Keyword yang Efektif dan Tepat

Kata kunci ini sangat penting karena dengan kata kunci yang tepat kendaraan yang Anda jual akan semakin mudah dicari di mesin pencari dan yang umum digunakan setiap orang.

6. Pastikan Kontak dan Nomor Telepon Anda Jelas

Calon pembeli biasanya ingin bertanya-tanya terlebih dahulu sebelum menawar dan melihat mobil dan motor Anda secara langsung. Untuk itu berikan data kontak seperti nomor telepon Anda yang mudah untuka dihubungi. Layani pertanyaan calon pembeli dengan ramah, beri jawaban yang sesuai dan sekiranya dapat memancing minat mereka.

7. Sebar Iklan Mobil / Motor Bekas Anda

Jangan merasa puas dengan hanya memasang satu iklan saja di internet. Karena pada kenyataannya, ada ribuan orang lainnya yang juga melakukan hal yang sama dengan Anda. Karena itulah pasanglah iklan mobil / motor Anda di beberapa tempat sekaligus agar peluang ditemukan calon pembeli-pun juga lebih besar.