Cara Mengemudi Mobil Untuk Pemula yang Aman


Tags:

Saat ingin mengemudi mobil, Anda perlu benar-benar banyak latihan. Ketahui seluk-beluk dalam berkendara dengan tepat sehingga akan lebih mudah terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih, bagi Anda yang masih tergolong seorang pemula sangat penting untuk mengetahui cara mengemudi dengan aman.

Bagaimana Cara Mengemudi Mobil yang Aman?

Setelah mengetahui cara mengemudi mobil, tentu saja Anda akan bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk segera mempelajari bagaimana cara mengemudi mobil untuk pemula dengan aman seperti berikut ini:

  • Kenali fitur-fiturnya

Perlu Anda ketahui, bahwa sebelum benar-benar mulai mengemudikan mobil sangat penting untuk mengenali mobil beserta fiturnya dahulu. Selanjutnya, Anda bisa mulai mendalami fungsi dari setiap fitur dan komponen yang ada di dalam mobil tersebut.

Contohnya saja persneling mobil, gigi mobil, rem, gas, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan dan tidak menggunakan berbagai komponen tersebut saat berkendara.

  • Pilih posisi yang nyaman

Sebelum memulai untuk mengendarai mobil, pastikan dahulu tempat duduk sudah benar-benar nyaman. Pastikan juga posisi kaca spion agar sesuai dengan fungsinya. Jika tidak, tentu saja ras gugup saat ingin mengemudi menjadi semakin bertambah.

Dengan mengambil posisi yang nyaman tentu Anda akan jauh lebih rileks saat menyetir mobil tersebut. Oleh karena itu, pastikan mencari posisi duduk yang nyaman kemudian dapat melihat ke sekitar dengan kelas pula.

  • Pegang stir dengan tepat

Memegang setir perlu Anda lakukan dengan tepat. Pasalnya, hal tersebut akan membantu Anda mengontrol mobil dengan lebih maksimal. Sebagai posisi terbaiknya adalah posisi tangan di arah jarum jam 9 dan 3.

Hal ini berarti tangan kiri seperti arah jarum jam 9 dan tangan kanan seperti jarum jam 3. Oleh karena itu, pastikan menerapkan posisi tangan terbaik agar nantinya lebih mudah dalam mengendalikan setir dengan baik dan benar.

  • Gunakan lampu sein

Kebanyakan orang yang baru berlatih mengemudikan mobil, mereka akan menghiraukan lampu sein. Padahal keberadaan lampu sein tersebut bukan hanya dijadikan sebagai aksesoris belaka. Anda perlu menggunakannya sebagai indikator untuk memberi tahu pengendara lain saat ingin belok.

Tentu saja saat tidak menggunakan lampu tersebut akan membuat bahaya pengguna hjalan lainnya. Anda bisa menggunakan lampu sein tersebut saat ingin berbelok, memutar arah, ataupun berhenti sejenak.

  • Hindari mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi

Saat belajar mengemudi ada baiknya Anda sangat berhati-hati. Dengan begitu, hindari mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi karena hal tersebut sangat berbahaya. Bisa saja Anda kehilangan kendali begitu saja saat mobil dalam kecepatan tinggi.

Ada baiknya untuk mengendarai mobil sewajarnya, kemudian sesuaikan juga kecepatan dengan rambu lalu lintas yang ada di jalan tersebut. Dengan begitu, belajar mengemudi pun dapat dilakukan dengan jauh lebih aman.

  • Jaga jarak dengan pengemudi lain

Selain beberapa hal di atas, sangat penting bagi Anda untuk menjaga jarak dengan pengemudi lainnya yang ada di jalan. Ada baiknya untuk tidak terlalu dekat atau mepet dengan kendaraan lainnya yang ada di depan. Pasalnya, tentu saja hal tersebut akan menyebabkan Anda kesulitan menghindar saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk mengemudikan mobil yang diinginkan? Ada baiknya untuk berlatih dengan rajin terlebih dahulu sampai Anda menguasai mobil dengan lebih baik. Dengan begitu, mengendarai mobil dapat dilakukan dengan lebih aman dan menyenangkan.