BMW Motorrad & Dainese Merancang Jaket Balap Canggih


Tags: ,

Saat ini ajang balap motor dunia sudah benar-benar memperlihatkan perkembangan yang sangat maju. Berkat dukungan teknologi, membuat motor dengan kecepatan super rasanya sudah bukan hal yang mustahil lagi. Namun di sisi lain, keadaan ini tentunya menuntut banyak pihak untuk memikirkan bagaimana caranya agar keselamatan para pembalap motor tersebut bisa tetap terjamin dikala memacu motor dengan kecepatan tinggi.

Salah satu pihak yang cukup banyak menaruh perhatian pada hal tersebut adalah BMW Motorrad yang bekerja sama dengan produsen kelengkapan biker, Dainese untuk mengembangkan sebuah pakaian balap dengan teknologi canggih. Konsep yang diusung oleh keduanya adalah mengembangkan baju balap yang bisa menyatu dengan kantung udara. Dengan pakaian balap ini, diharapkan nantinya pembalap bisa mendapatkan perlindungan maksimal selama berlaga di arena sirkuit.

Produk pertama yang dihasilkan dari duet 2 perusahaan ini menghasilkan sebuah pakaian balap yang diberi nama ‘DoubleR RaceAir’. Ini merupakan sebuah pakaian riding setelan dengan bahan kulit, yang dirancang khusus untuk digunakan pada ajang balap. Racing suit ini dibekali dengan teknologi kantong udara yang diambil dari paltform ‘Dainese D-Air Protect System’ yang sudah dikembangkan untuk pembalap MotoGP seperti yang digunakan oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Pada dasarnya, baju balap BMW dan Dainese ini memiliki 2 sistem kantung udara (air bag) yang dapat mengembang di balik baju dan juga di luar. Kantung udara tersebut akan melindungi bagian-bagian vital pada tubuh seperti, tulang leher, dada dan tengkuk biker dari benturan yang keras.

Rencananya, BMW akan mengetes baju ini di Munich, Jerman, beberapa bulan ke depan sebelum akhirnya memperkenalkannya pada publik lewat acara EICMA di Milan, Italia, pada bulan November mendatang.

Tak berhenti sampai disitu saja, Dainese juga akan membantu BMW Motorrad dalam mendesain kantung udara untuk pengguna sepeda motor BMW.Teknologi yang akan diusung nantinya merupakan hasil pengembangan dari teknologi Dainese D-Air Street System. Jika tidak berhalangan, renananya teknologi ini akan diluncurkan pada tahun 2021 mendatang jika berhasil lolos semua tes kecelakaan.

BMW Motorrad adalah satu-satunya produsen sepeda motor yang mengembangkan peralatan balap sejak tahun 1970 silam. Mereka memproduksi hampir semua detail mulai dari helm, pakaian pengendara, sepatu, hingga sarung tangan. Prioritas tinggi melekat pada kenyamanan maksimal bagi pengendara serta meminimalkan potensi konsekuensi kecelakaan.