Begini Cara Merawat Mobil Putih Tetap Kinclong


Tags:

Mobil dengan warna putih memang cukup populer beberapa tahun belakangan. Permintaan yang tinggi membuat mobil dengan warna ini mampu meningkatkan harga jualnya. Mobil bekas dengan warna putih juga terbukti cepat laku ketimbang warna mobil lainnya.

Walaupun begitu resiko pemilik mobil putih terletak pada perawatannya. Mobil dengan warna ini mudah sekali mengidentifikasi noda karena warnanya yang cerah. Untuk membuat mobil Anda selalu kinclong dan anti kusam bisa dengan mengikuti langkah perawatan dibawah ini!

  1. Hindari Sinar Matahari

Sinar ultra violet (UV) dari matahari bisa membuat cat mobil menjadi kusam. Untuk itu hindarilah memarkirkan mobil dibawah sinar matahari. Hal ini berlaku pula saat mencuci mobil Anda.

Mencuci mobil tepat dibawah sinar matahari memang membuat kendaraan cepat kering. Sayangnya hal ini juga mampu membuat warna mobil kian mudah pudar. Selain itu bekas shampo yang kurang bersih saat dibilas akan mudah menempel dan membekas pada mobil.

Anda bisa menggunakan penutup mobil saat parkir sehingga sinar UV tidak langsung mengenai bodi mobil. Selain itu memarkirkan mobil di tempat rindang juga sangat disarankan bila tidak memiliki garasi.

  1. Jangan Gunakan Pembersih Dengan Kandungan Ini

Saat mencuci mobil sebaiknya hindari menggunakan pembersih yang banyak mengandung garam. Kandungan zat besi akan mudah merusak cat mobil. Air hujan umumnya memiliki kandungan zat besi dan garam yang cukup tinggi.

Ada baiknya bila mobil terkena air hujan segeralah siram dengan air bersih. Selain menghilangkan kandungan yang merugikan hal ini mampu membersihkan noda yang menempel pada mobil.

Bercak yang ditimbulkan usai mobil kehujanan akan sulit untuk dihilangkan. Tidak ada salahnya bila segera mencuci mobil usai kehujanan. Bersihkan noda yang menempel untuk menghindari timbulnya jamur pada mobil Anda.

  1. Pakai Shampo dan Kain Lap Khusus

Untuk mencuci mobil sebaiknya gunakan shampo khusus mobil. Shampo yang berkualitas memiliki tekstur yang licin. Semakin licin akan semakin bagus dalam menjaga warna cat mobil. Proses mencuci juga akan lebih cepat selesai karena busa dari sabun tidak akan mudah membekas.

Harga shampo mobil bervariasi mulai dari Rp.10.000 per pouch hingga Rp.300.000 per liternya. Shampo dan sabun mobil berkualitas akan membuat mobil lebih bersih dan terjaga warnanya dari jamur ataupun kusam. Selain itu dalam mengelap mobil gunakanlah kain khusus.

Kain yang baik ialah yang memiliki daya serap tinggi sehingga mobil akan mudah kering. Pengeringan memakai lap tidak akan menimbulkan bercak berbeda bila memanfaatkan sinar matahari.

  1. Gunakan Teknik Mencuci Mobil yang Benar

Saat membersihkan mobil penting bagi Anda menggunakan teknik mencuci yang benar. Saat mencuci mobil gunakan dua ember air yang satu ember pertama berisi air dan sabun mobil dan ember kedua berisi air bersih.

Untuk membersihkan mobil harus dari arah atas ke bawah. Hindari menggunakan gerakan memutar sebab akan membuat debu menyebar ke bagian bodi mobil lainnya. Saat membersihkan bagian dalam mobil seperti dashboard sebaiknya gunakan kain yang sedikit basah.

Bagian karpet dalam bisa dibersihkan memakai vacuum cleaner. Selain itu jika kaca mobil belum benar-benar kering jangan diturunkan. Hal ini untuk mengurangi flek air yang ditimbulkan setelahnya.

  1. Bilas Satu Arah

Saat membilas mobil sebaiknya dilakukan satu arah. Anda bisa membersihkan mobil dari bagian atas ke bawah. Dengan begitu tidak ada kotoran yang tersangkut pada bagian mobil. Perhatikan bagian celah mobil seperti roda atau celah di antara bumper.

Pencucian yang menggunakan alat hidrolik bisa memaksimalkan pencucian mobil secara keseluruhan. Membilas mobil juga bisa menggunakan selang yang diarahkan langsung ke bagian mobil yang terkena shampo.

  1. Lakukan Perawatan Ekstra Bila Perlu

Bila perlu Anda bisa menambahkan perawatan ekstra berupa pemolesan. Pemolesan bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Manfaat dari pemolesan ini adalah menghilangkan jamur yang menempel serta mampu mencegah cat mobil tidak terkelupas.

Pemolesan mobil juga mampu membuat kendaraan Anda tampak berkilau dan lebih bersih. Bagaimana mudah bukan tips merawat mobil putih diatas?

Sumber :

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/27/142300615/jangan-asal-begini-6-jurus-mencuci-mobil-yang-benar?page=all