Arrinera Hussarya – Mobil Super Cepat


Salah satu hal paling menyenangkan dalam dunia otomotif adalah membicarakan topik seputar mobil super cepat. Kali ini kabar terbaru datang dari produsen mobil asal Polandia, Arrinera Automotive yang rupanya diam-diam akan memproduksi supercar Arrinera Hussarya.

Arrinera Hussarya merupakan mobil super cepat yang rancangannya dibuat Pavlo Burkatskyy, seorang desainer otomotif yang namanya sudah tersohor di dunia internasional. Dalam pengerjaannya, Pavlo Burkatsky turut dibantu oleh Lee Noble, seorang ahli supercar asal Inggris yang bertugas merancang sasis.

Pada tahun 2011 silam, versi prototype mobil ini sempat dipamerkan ke publik dan mendapat pujian dari banyak kalangan pegiat otomotif. Pun demikian, meski versi prototype Arrinera Hussarya dianggap hampir mendekati sempurna dalam hal desain, namun versi yang akan diproduksi nanti ternyata bakal sedikit berbeda dengan yang sempat dipamerkan 3 tahun silam tersebut.

Arrinera Hussarya dibangun dengan menggunakan konstruksi baja yang kaku tapi ringan, serta dikombinasikan dengan material komposit seperti Kevlar dan serat karbon. Alhasil mobil super cepat dari Polandia ini memiliki bobot yang terbilang ringan, yakni hanya 1.315 kilogram saja.

Desain Arrinera Hussarya yang sarat akan kesan mewah tidak hanya terjadi di bagian luarnya saja. Beragam sentuhan ala kelas atas juga turut disematkan hingga ke sisi interior Arrinera Hussarya. Agar pengemudi supercar ini bisa merasakan sensasi mengendara ala mobil balap, turut disematkan pula jok balap lengkap dengan sabuk pengaman racing. Tak ketinggalan paket night vision juga menjadi fitur andalannya, sehingga pengemudi tak perlu khawatir lagi jika sedang mengemudi di jalanan yang gelap gulita.

Sebagai fitur keselamatan, roll bar ditempatkan di belakang jok belakang. Sementara untuk fitur hiburannya, kabin Arrinera Hussarya telah dibekali sistem audio yang biasa digunakan pada mobil-mobil mewah.

Arrinera Hussarya bukan sekedar supercar yang punya desain menawan saja, namun juga diklaim memiliki handling yang bisa diandalkan. Sebagai sumber tenaga, mesin V8 dengan kapasitas 6,2 liter dipercayakan untuk membuat tenaganya dari mobil super cepat ini agar mencapai 650 hp dan torsi puncak 819 Nm (604 lb-ft). Urusan akselerasi, Arrinera Hussarya diklaim sanggup menempuh kecepatan dari 0-100 km/jam dalam tempo 3,2 detik, dan kecepatan maksimum mencapai 340 km/jam.

Bicara soal harga, rencananya mobil super cepat yang akan diproduksi di Gliwice, Polandia selatan ini akan dijual dengan harga USD160 ribu atau setara dengan Rp1,818 miliar. Agar jadi kian eksklusif, model supercar perdana bikinan Arrinera ini kabarnya akan diproduksi terbatas yakni hanya sebanyak 100 unit saja.