Apa Saja Teknologi Honda Terbaru? Inilah Ulasannya

Apa Saja Teknologi Honda Terbaru

PT Astra Honda Motor memang selalu memberikan produk-produk motor yang tidak mengecewakan. Mulai dari Honda Tiger yang hadir dengan kelas mesin tinggi hingga motor matic yang kompatibel untuk beberapa kebutuhan.

Apa yang membuat produknya tak mengecewakan tak lain adalah teknologi atau mesin yang mereka kembangkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumennya.

Apa Saja Teknologi Honda Terbaru?

Sejauh ini teknologi Honda terbaru terus mengalami perkembangan. Bukan karena persaingan pasar saja, PT. Astra Honda Motor sendiri memang ingin terus memberikan apa yang diinginkan konsumennya. Berikut beberapa teknologi Honda terkini hingga awal tahun 2020 ini.

  • Safe Swarm

Safe Swarm adalah salah satu teknologi terbaru yang dipublikasikan Honda pada tahun 2019 kemarin. Teknologi ini digadang sebagai teknologi yang bisa memberikan pengalaman berkendara lebih aman.

Prinsip dari teknologi motor ini adalah untuk membuat motor mengetahui bagaimana karakteristik hidupnya mesin motor lain, seperti tingkat kecepatannya hingga lokasinya.

Dengan informasi tersebut, Honda Safe Swarm bisa melindungi pengendara dari kecelakaan. Sebab, setelah mengetahui informasi kendaraan lain teknologi Honda ini akan membuat motor berhenti atau pengereman jika ada motor lain yang berhenti mendadak di depannya. Bahkan jika diperlukan, teknologi ini juga bisa mengubah haluan motor.

  • Autonomous Work Vehicle

Teknologi yang satu ini ada untuk mewujudkan sebuah mobil yang mana merupakan kombinasi teknologi otonom dengan mobil jenis ATV seperti off road. Mobil jenis All Terrain Vehicle yang akan dipadukan dengan teknologi baru ini rancangan idenya dibuat oleh research and development Honda di Amerika.

Hasil yang diharapkan nanti, mobil ATV modifikasi ini akan memberikan pengalaman mengemudi di medan berat dengan lebih nyaman dan aman. Sebab, akan ada fitur-fitur canggih seperti sensor, GPS, dan Four Wheel Drive yang ditanam pada mobil tersebut.

  • Wireless Vehicle-to-Grid

Teknologi yang satu ini cukup berbeda dengan dua teknologi di atas. Jika dua teknologi tadi fokusnya untuk membuat pengendara lebih asyik dan tetap nyaman dalam berkendara, maka teknologi ini memberikan suatu kendaraan bermotor yang lebih aman terhadap lingkungan.

Prinsip kerja dari teknologi Wireless Vehicle-to-Grid adalah untuk membuat kendaraan memiliki sistem pengelolaan listrik yang mana akan membuat pembuangan gas karbon ditekan sebesar mungkin.

Seperti yang kita tahu, permintaan pasar akan kendaraan bertenaga listrik semakin besar akhir-akhir ini. Benar saja, hal ini bisa dikarenakan beberapa sebab. Baik karena memang kebutuhan bahan bakar minyak sudah waktunya harus dipangkas maupun kebutuhan konsumen akan tren kendaraan dengan teknologi baru.

Namun sayangnya, jika sebuah kendaraan listrik digunakan maka emisi karbonnya akan semakin besar. Dan hal inilah yang dilirik Honda dan dijadikan sebagai inovasi. Teknologi Wireless Vehicle-to-Grid berhasil memberikan motor yang juga bertenaga listrik namun juga disertai dengan pemangkasan pembuangan emisi karbon.

Teknologi Honda Terbaru Memang Bisa Diandalkan

Dari tiga contoh teknologi terbaru dari Honda di atas bisa kita simpulkan bahwa semuanya cukup bisa diandalkan. Anda bisa mengandalkan produk Honda dengan teknologi Autonomous Work Vehicle untuk pengalaman offroad lebih seru dan tetap aman.

Teknologi Safe Swarm mungkin suatu hari akan menjadi standar sebuah kendaraan bermotor untuk membuat angka kecelakaan menurun. Sedangkan terakhir ada teknologi Wireless Vehicle-to-Grid yang bisa membuat kendaraan bertenaga listrik menjadi semakin aman saja untuk lingkungan.

Pasalnya, kendaraan bertenaga listrik saja rasanya kurang maksimal kegunaannya untuk lingkungan karena akan mengeluarkan limbah lain seperti emisi karbon.