5 Tips Aman Berkendara Bagi Perempuan

5 Tips Aman Berkendara Bagi Perempuan

Pengendara sepeda motor matic sekarang ini tidak hanya didominasi oleh pria saja. Pengendara motor kalangan wanita telah mengalami lonjakan yang cukup signifikan terutama di wilayah perkotaan besar, hal itu karena tuntutan aktifitas pekerjaan di luar ruangan meningkat.

Peningkatan pengguna kendaraan di jalan terutama sepeda motor semakin menambah munculnya berbagai masalah. Tidak saja menambah kepadatan jalan raya hingga mengakibatkan kemacetan, tetapi juga mempengaruhi kerusakan lingkungan serta keamanan bagi pengguna jalan.

Faktor keamanan itu sendiri dampaknya bagi pengguna kendaraan bermotor semakin besar. Pembaca pasti telah mengetahui bahkan melihat sendiri terutama sebagian kaum hawa pada saat mengendarai motor perilakunya cenderung membahayakan. Contohnya, saat di jalan raya yang padat lalu lintasnya menghidupkan lampu sein kiri padahal beloknya ke arah kanan.

Tips aman menggunakan kendaraan bermotor sebenarnya sifatnya umum tanpa mengenal gender. tetapi kebanyakan kejadian di jalan pengguna motor kalangan wanita memiliki resiko tinggi baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Agar pengendara sepeda motor bisa memahami dengan benar dan bijak khususnya wanita maka simak tips sederhana di bawah ini.

 

Cek Kondisi Motor

Kebiasaan buruk pengguna sepeda motor yang paling sering dilakukan adalah mengendarai tanpa melakukan pengecekan kondisi motornya terlebih dulu. Tidak perlu pengecekkan dilakukan secara detail, cukup sewajarnya saja seperti cukup bahan bakar, tekanan angin ban sesuai, rem dalam keadaan baik, dan kelistrikan berfungsi normal.

Jangan paksakan mengendarai sepeda motor yang tidak layak jalan apalagi untuk tujuan perjalanan jarak jauh. Hal itu bisa merepotkan pengendara karena bisa beresiko macet di tengah perjalanan bahkan berpotensi mengalami kecelakaan serius.

 

Berpakaian Aman Selama Berkendara

Faktor kenyamanan dan keamanan saat mengendarai sepeda motor bagi wanita ada pada pakaian yang dikenakan. Hingga saat ini pengendara motor kalangan wanita banyak yang tidak memperhatikan hal itu sehingga mengakibatkan banyak kejadian kecelakaan di jalan raya.

Pakaian panjang seperti rok dan penggunaan asesoris lain beresiko tinggi membahayakan si penggunanya pada saat mengendarai motor. Kebanyakan kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan raya akibat ujung rok panjang masuk ke bagian dalam jeruji roda dan rantai motor. Dalam kecepatan tinggi mengakibatkan pakaian tertarik dan pengendara terpelanting.

Nah agar tidak mengalami kejadian yang mengenaskan gara-gara menggunakan pakaian panjang maka sebaiknya bagian ujung bawah digulung agak keatas dan diduduki. Cara itu untuk menghindari resiko masuk dan terlilit rantai atau jeruji roda.

 

Etika Mengendarai Motor

Perilaku yang tidak sesuai pada saat menggunakan motor bisa mengakibatkan resiko kemanan bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Paling banyak dijumpai di jalan diantaranya mendahului kendaraan lain tanpa melihat keadaan sekelilingnya terlebih dulu.

Nah kejadian lain yang juga sering terlihat di jalanan khususnya bagi pengendara motor wanita adalah salah memberikan tanda lampu sein. Paling umum terjadi menghidupkan lampu sein berlawanan dengan beloknya kendaraan.

 

Perhatikan Jarak Aman Kendaraan

Saat mengendarai sepeda motor di jalan khususnya saat lalu lintas padat yang perlu diperhatikan adalah menjaga jarak motor dengan kendaraan lain. Perhatikan kontor jalan seperti tanjakan, turunan, kelokan tajam untuk bisa mengantisipasi pengereman mendadak. Memperhatikan jarak antar kendaraan agar memiliki ruang aman yang lebih jauh dengan kecepatan normal atau tinggi saat pengereman.

 

Perawatan Rutin

Sepeda motor memerlukan perawatan secara berkala apalagi jika digunakan dalam intensitas tinggi. Masih banyak pengendara motor terutama wanita kurang memperhatikan kondisi motornya khususnya pada mesin.

Lakukan pemanasan mesin setiap hari apapaun jenis motor yang dimiliki dengan waktu pendek tidak sampai 1 menit dalam keadaan stasioner. Hal itu untuk memperlancar pelumasan pada komponen mesin dan proses pencampuran udara yang baik agar pembakaran lebih sempurna.

 

Tips aman khususnya bagi pengendara motor kalangan wanita diatas sebaiknya dipahami dan dilakukan secara semestinya. Melakukan hal sederhana untuk kenyamanan dan keamanan saat mengendarai sepeda motor akan membuat segala aktifitas berjalan sesuai dengan keinginan.